Kanker Paru, Kenali Gejala dan Cara Mencegahnya

oleh -
Penulis: Redaksi
Editor: Ardiansyah
Ilustrasi: Kanker Paru. 
Ilustrasi: Kanker Paru. 

BorneoFlash.com, KESEHATAN – Kanker paru menjadi penyebab kematian utama dalam kelompok kanker. Oleh karena itu, seseorang yang menderita kanker paru harus mendapat penanganan yang tepat.

 

Dikutip BorneoFlash.com dar laman Poltekkes Yogyakarta, kanker paru adalah penyakit keganasan pada jaringan paru-paru. Keganasan berasal dari luar paru (metastasis tumor paru) maupun dari dalam paru.

 

Kelainan dapat disebabkan kumpulan perubahan genetika pada sel epitel saluran napas, yang dapat mengakibatkan proliferasi sel yang tidak dapat dikendalikan. Kanker paru primer yaitu tumor ganas berasal dari epitel bronkus atau karsinoma bronkus.

 

Penyebab Kanker Paru

Hingga saat ini belum diketahui secara pasti penyebab kanker paru. Namun, paparan zat bersifat karsinogen menjadi faktor utama penyakit ini. Kanker paru juga berkaitan dengan merokok. Sebab, asap rokok dipastikan dapat menyebabkan kanker

 

Namun paparan zat yang memiliki sifat karsinogen adalah faktor utama. Kejadian kanker paru sangat berkaitan dengan merokok. Sebab, asap rokok memiliki senyawa pemicu kanker atau karsinogen dan beracun.

 

Mengutip laman American Cancer Society, kasus kanker paru karena perokok aktif sebesar 80 persen, sementara perokok pasif 20-30 persen berisiko terserang penyakit mematikan ini. 

 

Selain rokok, faktor lain penyebab kanker paru adalah paparan radon, polusi udara, genetik, dan lingkungan.

 

Jenis Kanker Paru

Mengutip dari laman Poltekkes Yogyakarta, terdapat dua jenis kanker paru. Berikut penjelasan selengkapnya:

 

  1. Small Cell Lung Cancer (SCLC)

SCLC adalah jenis kanker paru agresif atau yang tumbuh lebih cepat daripada jenis kanker lainnya. 20 persen atau 30.000 pasien terdiagnosis menderita kanker paru jenis ini setiap tahun.

 

Kanker paru SLCL disebut sangat berkaitan dengan efek samping merokok. Namun, pertumbuhan kanker paru jenis ini lebih dapat terkendali dengan kemoterapi.

banner 700x135

No More Posts Available.

No more pages to load.