Berikut 7 Minuman untuk Menurunkan Kolesterol, Lebih Efektif Diminum Pagi Hari dan Aman dikonsumsi

oleh -
Penulis: Redaksi
Editor: Ardiansyah
Teh hijau memiliki manfaat untuk menurunkan kolesterol tinggi. (SHUTTERSTOCK)
Teh hijau memiliki manfaat untuk menurunkan kolesterol tinggi. (SHUTTERSTOCK)

BorneoFlash.com, KESEHATAN – Kolesterol hingga kini masih menjadi penyakit yang cukup berbahaya. Sebab, gaya hidup yang kurang sehat ini, baik muda maupun tua seringkali mereka alami tanpa disadari.

 

Kadar kolesterol yang cukup tinggi bisa mengakibatkan tekanan darah tinggi. Lebih dari itu, kolesterol juga akan mengancam kesehatan jantung hingga menimbulkan stroke.


Salah satu penyebab menumpuknya lemak atau kolesterol adalah diet yang tidak sehat, seperti konsumsi makanan dan minuman kaya lemak serta tidak berolahraga.


Untuk membantu mengurangi kadar kolesterol yang tinggi, kamu bisa mulai dengan mengkonsumsi minuman alami yang bisa kamu konsumsi di pagi hari. 

 

Karena aman dikonsumsi di pagi hari, minuman ini bisa kamu jadikan sebagai pendamping menu sarapanmu.

 

Dikutip BorneoFlash.com dari Medical News Today, Berikut 7 minuman penurun kolesterol yang bisa kamu konsumsi di pagi hari:

 

  1. Minuman Kakao

Minuman penurun kolesterol yang pertama adalah kakao. Kakao sudah dikenal sebagai bahan utama cokelat hitam, memiliki kandungan flavanol (antioksidan) yang dapat menurunkan kadar kolesterol.

 

Bahkan, menurut para ahli, mengkonsumsi minuman yang mengandung flavanol kakao dapat menurunkan kolesterol LDL yang berbahaya sekaligus meningkatkan kolesterol HDL yang baik.

 

Bukan hanya itu saja, asam lemak tak jenuh tunggal pada kakao bisa membantu menurunkan kolesterol.

2. Susu Kedelai

Minuman penurun kolesterol yang aman dikonsumsi di pagi hari adalah susu kedelai. Kedelai memiliki rendah lemak jenuh.

 

Kamu bisa mengganti krim atau produk susu tinggi lemak dengan susu atau krimer kedelai. Mengkonsumsinya secara rutin dapat membantu mengurangi atau mengelola kadar kolesterol.

 

Bukan hanya itu saja, mengonsumsi kedelai dalam bentuk utuh dan diproses secara minimal dengan sedikit atau tanpa tambahan gula, garam, dan lemak juga sangat disarankan untuk mengurangi kolesterol.

Baca Juga :  Raffi Ahmad Vaksinasi Perdana Covid-19 di Istana Kepresidenan


3. Susu Nabati

Minuman penurun kolesterol selanjutnya adalah susu nabati. Buat kamu yang suka minum susu, sebaiknya untuk melakukan beberapa perubahan pola makan.

banner 700x135

No More Posts Available.

No more pages to load.