Pelestarian Bekantan, PEP Sangasanga Field Kembangkan Pokdarwis Ekowisata Sungai Hitam Lestari

oleh -
Editor: Ardiansyah
PEP Sangasanga Field berhasil mengembangkan Kelompok Sadar Wisata dan Ekowisata (Pokdarwis) berbasis pelestarian Bekantan. Foto: HO/PEP Sangasanga Field.
PEP Sangasanga Field berhasil mengembangkan Kelompok Sadar Wisata dan Ekowisata (Pokdarwis) berbasis pelestarian Bekantan. Foto: HO/PEP Sangasanga Field.

BorneoFlash.com, KUTAI KARTANEGARA – PT Pertamina EP (PEP) Sangasanga Field mengusung program Sungai Hitam Lestari sebagai salah satu program unggulan CSR. Dengan dukungan dari PT Pertamina Hulu Indonesia (PHI) sebagai induk pengelolaan perusahaan, PEP Sangasanga Field berhasil mengembangkan Kelompok Sadar Wisata dan Ekowisata (Pokdarwis) berbasis pelestarian Bekantan.

 

Hal inilah yang menjadi kunci utama dari keberlanjutan program Sungai Hitam Lestari, dimana manusia dan lingkungan dapat hidup berdampingan.

 

Manager Communication Relations & CID PHI, Dony Indrawan, menjelaskan bahwa inisiasi program Sungai Hitam Lestari dilatarbelakangi oleh kondisi habitat bekantan di Indonesia yang mulai berkurang dan beralih fungsi sejak tahun 1990. 

 

Ironisnya, sekitar 60% atau 29,500 km2 lahan habitat bekantan yang tersisa, juga mengalami kerentanan karena keterjangkauannya dengan pemukiman, tambak dan pertanian. 

 

”Seiring meningkatnya populasi manusia dan tingginya mobilitas antar daerah, banyak daerah menjadi kawasan permukiman, tambak, dan perkebunan sehingga menyebabkan luasan area jelajah Bekantan semakin sempit,” kata Dony.

 

Menurutnya, Perusahaan berkomitmen untuk menjalankan program tanggung jawab sosial dan lingkungan atau CSR yang mendukung pencapaian tujuan pembangunan berkelanjutan atau Sustainable Development Goals (SDGs)

 

“Di program Sungai Hitam Lestari, kami menetapkan langkah untuk mencapai tujuan 5 kesetaraan gender, tujuan 13 penanganan perubahan iklim, tujuan 15 ekosistem daratan, dan tujuan 17 kemitraan untuk mencapai tujuan,” ucapnya. 

 

Sementara itu, Ketua Pokdarwis Sungai Hitam Lestari, Aidil Amin, mengungkapkan bahwa ia pada awalnya memiliki keresahan terhadap adanya perubahan ekologis di kawasan Sungai Hitam

Simak berita dan artikel BorneoFlash lainnya di  Google News

banner 700x135

No More Posts Available.

No more pages to load.