Cabor Kursi Roda Peparprov ke IV Terdapat Tiga Kelas Pertandingan

oleh -
Penulis: Niken Sulastri
Editor: Ardiansyah
Kepala Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata Kota Balikpapan, dr Cokorda Ratih Kusuma, Saksikan Langsung dan Serahkan Medali untuk Cabor atletik kategori balap kursi roda di Lapangan Merdeka, Jalan Jenderal Sudirman, Balikpapan, Minggu (19/11/2023). Foto: BorneoFlash.com/Niken Sulastri.
Kepala Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata Kota Balikpapan, dr Cokorda Ratih Kusuma, Saksikan Langsung dan Serahkan Medali untuk Cabor atletik kategori balap kursi roda di Lapangan Merdeka, Jalan Jenderal Sudirman, Balikpapan, Minggu (19/11/2023). Foto: BorneoFlash.com/Niken Sulastri.

BorneoFlash.com, BALIKPAPAN – Cabang Olahraga (Cabor) atletik untuk kategori balap kursi roda merupakan nomor terakhir dari Cabor atletik yang dilombakan di Pekan Paralympic Provinsi (Peparprov) IV Kaltim Tahun 2023.

 

Pertandingan dilaksanakan di Lapangan Merdeka, Jalan Jenderal Sudirman, Balikpapan, Minggu (19/11/2023).

 

Cabor Kursi Roda terdapat 3 kelas pertandingan masing-masing di kelas T52 putra, T53 putri, T54 putra dan putri. Untuk pembagian kelas dalam Cabor Kursi Roda merupakan arahan dari nasional yang mana kelasnya dibeda-bedakan.

 

Teknikal delegasi Cabor atletik kategori balap kursi roda, Deli Abu Bakar mengatakan pertandingan balap kursi roda ini sengaja di gelar di Jalan Jenderal Sudirman Lapangan Merdeka, Kota Balikpapan.

 

Hal ini sekaligus sebagai ajang untuk sosialisasi bagi warga Kota Balikpapan yang memiliki keluarga difabel, jika ingin mengikuti olahraga balap kursi roda tiga dan ingin menjadi atlet paralympic yang berprestasi.

 

Lomba balap kursi roda tiga ini sejajar dengan olahraga prestasi untuk orang normal. Ini  juga ada juara setingkat PON, Peparnas dan juara asia.

 

Dalam ajang lomba ini, sebenarnya panitia menyiapkan 16 nomor pertandingan, hanya  pelaksanaan akan dilihat pada kondisi di lapangan.

 

“Kita siapkan 100 meter putra putri dikelas T52, kemudian T53 putra putri, dan T54 putra putri. Selanjutnya nomor 200 juga demikian. Kita lihat saja apa semua nomor terisi,” ucapnya.

 

Pertandingan kursi roda ini disaksikan langsung Kepala Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata Kota Balikpapan, dr Cokorda Ratih Kusuma. 

 

Dalam lomba ini, atlet kukar memiliki peralatan yang representatif yakni kursi roda tiga khusus untuk balap kursi roda adu cepat. Atlet Kabupaten Paser dan Kota Balikpapan menggunakan kursi roda dua untuk jarak 100 dan 200 meter. “Kami berharap kedepan daerah lainya punya kursi balap seperti Kukar,” terangnya.

Baca Juga :  Alvaro Morata Temukan Ketajamannya saat Kembali ke Juventus, Ini Rahasianya
Kategori balap kursi roda merupakan nomor terakhir dari Cabor atletik yang dilombakan di Pekan Paralympic Provinsi (Peparprov) IV Kaltim Tahun 2023 yang dilaksanakan di Lapangan Merdeka, Jalan Jenderal Sudirman,  Balikpapan, Minggu (19/11/2023). Foto: BorneoFlash.com/Niken Sulastri.
Kategori balap kursi roda merupakan nomor terakhir dari Cabor atletik yang dilombakan di Pekan Paralympic Provinsi (Peparprov) IV Kaltim Tahun 2023 yang dilaksanakan di Lapangan Merdeka, Jalan Jenderal Sudirman, Balikpapan, Minggu (19/11/2023). Foto: BorneoFlash.com/Niken Sulastri.

Ia menjelaskan bahwa peralatan kursi balap yang dimiliki atlet asal Kukar dibuat dan rekomendasi oleh International Paralympic Committee (ITC), yang mana kursi roda tiga ini memang spesial untuk dirancang untuk balapan. 

 

“Ini bukan kursi roda biasa, khusus untuk balapan, beratnya ringan sekali sekitar 2 kg atau 3 kg,” sebutnya.

Simak berita dan artikel BorneoFlash lainnya di  Google News

banner 700x135

No More Posts Available.

No more pages to load.