Rendah Gula Tapi Tetap Bergizi, Berikut 5 Jenis Sarapan untuk Pengidap Diabetes

oleh -
Penulis: Redaksi
Editor: Ardiansyah
Ilustrasi Diabetes (Canva)
Ilustrasi Diabetes (Canva)

BorneoFlash.com – Pengidap diabetes memang tidak bisa sembarangan mengonsumsi makanan. Pasalnya, pengidap diabetesperlu mengelola kadar gula darah, termasuk mengatur jumlah karbohidrat yang dikonsumsi sehari-hari.

 

Ketika memilih sarapan, pilihlah jenis makanan yang kaya protein dan serat, mengandung lemak sehat, dan mengandung karbohidrat dalam jumlah rendah hingga sedang.

 

Dikutip BorneoFlash.com dari Healthline, berikut 5 Jenis sarapan yang aman dan lezat untuk pengidap diabetes:

 

  1. Telur

Telur adalah makanan yang lezat dan serbaguna. Telur memiliki kalori yang rendah dan mengandung banyak protein. Satu butir telur besar mengandung sekitar 70 kalori dan 6 gram protein. Selain itu, sebutir telur mengandung kurang dari 1 gram karbohidrat.

 

Sebuah tinjauan tahun 2018 menyatakan pengidap diabetes yang mempertahankan gaya hidup sehat dapat makan hingga tujuh butir telur per minggunya.

 

Telur dapat diolah dengan berbagai cara, seperti digoreng, direbus, atau diorak-arik. Bisa juga mencoba membuat telur dadar yang sehat dan lezat dengan berbagai macam sayuran seperti bayam, jamur, dan paprika.

 

  1. Oatmeal

Meskipun oat memiliki jumlah karbohidrat yang relatif besar, oatmeal dapat menjadi pilihan yang baik karena dapat membantu menurunkankadar gula darah akibat kandungan seratnya.

 

Oat mengandung jenis serat yang disebut beta-glukan. Serat ini dapat menurunkan gula darah. Selain itu, serat ini juga membantu tubuh untuk merasa kenyang lebih lama.

banner 700x135

No More Posts Available.

No more pages to load.