IMI Paser Akan Menyelenggarakan Road Race Tingkat Nasional dengan Target 500 Peserta

oleh -
Editor: Ardiansyah
Sekretaris Pengurus Cabang (Pengcab) Ikatan Motor Indonesia (IMI) Kabupaten Paser, Zulkifli Kaharuddin. Foto: BorneoFlash.com/Ist.
Sekretaris Pengurus Cabang (Pengcab) Ikatan Motor Indonesia (IMI) Kabupaten Paser, Zulkifli Kaharuddin. Foto: BorneoFlash.com/Ist.

BorneoFlash.com, TANA PASER – Pengurus Cabang (Pengcab) Ikatan Motor Indonesia (IMI) Kabupaten Paser akan menggelar road race tingkat nasional. Rencana ini berasal dari Rakerda Provinsi Kaltim yang mengharapkan Pengcab IMI Paser menyelenggarakan kegiatan otomotif.

 

Ketua IMI Paser, Hendra Wahyudi, melalui Sekretaris IMI Paser, Zulkifli Kaharuddin, menyambut baik permintaan tersebut. “Kami langsung merespons dan menyesuaikan jadwal dengan hari ulang tahun Kabupaten Paser pada Desember mendatang. Acara akan dilaksanakan antara tanggal 9 dan 10,” ungkap Zulkahar, panggilan akrabnya.

 

Road race tersebut direncanakan akan digelar di lingkungan Stadion Sadurengas Tanah Grogot. Zulkahar menambahkan bahwa partisipasi terbuka untuk peserta dari berbagai daerah, termasuk Provinsi Kaltim, Kalsel, Kalbar, bahkan hingga tingkat nasional.

 

Hendra Wahyudi Menambahkan bahwa persiapan untuk acara tersebut terus berlangsung, dan diharapkan dapat dilaksanakan pada tanggal 9 dan 10 Desember 2023.

 

“Terkait isu penarikan tiket masuk untuk menonton acara tersebut, saya ingin memastikan bahwa tidak ada biaya tiket masuk; acara ini gratis untuk ditonton,” tegasnya.

 

Namun, hingga saat ini, pihaknya menghadapi kendala terkait sirkuit atau rute yang belum memadai, karena masih menggunakan jalan umum. Hal ini menyebabkan biaya persiapan menjadi lebih besar, dimulai dari nol dalam pelaksanaan road race tersebut.

 

Zulkahar berharap kedepannya pemerintah dapat memfasilitasi para pegiat otomotif dengan menyediakan sirkuit, terutama karena Paser akan menjadi tuan rumah pelaksanaan Porprov Kaltim 2026.

 

Menyikapi risiko insiden, Zulkahar menegaskan bahwa penggunaan sirkuit dapat meminimalkan kejadian tidak diinginkan. Rute yang menantang, dengan turunan, gundukan, dan lubang-lubang, serta berhadapan langsung dengan parit, menjadi pertimbangan penting.

 

Awalnya, IMI Paser memiliki dua opsi lokasi pelaksanaan, yaitu jalur 2 Jalan Jendral Sudirman, Tanah Grogot, dan Lingkungan Stadion Sadurengas. Namun, akhirnya, IMI Paser memilih Stadion Sadurengas dengan pertimbangan fasilitas umum yang sudah baik untuk menghindari kerusakan.

Baca Juga :  Tahun 2022, Sekretariat DPRD Balikpapan Siapkan Enam Sistem Digital

 

IMI Paser menargetkan partisipasi 500 peserta dalam road race ini, dengan 22 kelas yang akan dipertandingkan. Zulkahar menekankan fokus pada kelas lokal Paser sebagai perwujudan event ini sebagai pesta rakyat Paser, dengan harapan masyarakat dapat merasakannya, terutama para pembalap dari Bumi Daya Taka.

banner 700x135

No More Posts Available.

No more pages to load.