Penderita Batu Ginjal, Berikut 5 Jenis Buah yang Tidak Boleh diKonsumsi

oleh -
Penulis: Redaksi
Editor: Ardiansyah
Ilustrasi, Batu Ginjal.
Ilustrasi, Batu Ginjal.

BorneoFlash.com – Penderita batu ginjal perlu memperhatikan asupan makanan yang dikonsumsi, termasuk buah-buahan tertentu. Sejumlah jenis buah berikut ini tidak boleh dimakan penderita batu ginjal.

 

Buah memang merupakan sumber vitamin, serat, dan nutrisi yang punya banyak manfaat bagi kesehatan. Sayangnya, tak semua buah dapat dikonsumsi oleh penderita batu ginjal apalagi jika dimakan secara berlebihan.

 

Mengutip WebMD, makanan atau buah-buahan yang menjadi pantangan bagi penderita batu ginjal adalah yang mengandung tinggi oksalat.

 

Oksalat adalah senyawa organik yang banyak ditemukan pada sumber alami, seperti buah-buahan, kacang-kacangan, biji-bijian, dan sayuran. Pada beberapa orang, konsumsi oksalat tinggi dapat meningkatkan risiko batu ginjal dan masalah kesehatan lain.

 

Agar tidak memperparah kondisi penderita batu ginjal, sebaiknya hindari konsumsi buah-buahan berikut ini:

 

1. Raspberi

Raspberi termasuk buah yang sehat karena mengandung antioksidan tinggi untuk tubuh. Namun, buah ini termasuk salah satu pantangan bagi penderita batu ginjal karena tinggi kandungan oksalat.

Disebutkan bahwa kandungan oksalat dalam buah raspberi sekitar 48 miligram, jumlah yang tergolong tinggi jika dibandingkan dengan stroberi atau bluberi.

banner 700x135

No More Posts Available.

No more pages to load.