Wabup Yohanes Avun Menghadiri Kunker Presiden Jokowi di Pagelaran Festival Dahau 2023

oleh -
Editor: Ardiansyah
Wabup Mahulu Yohanes Avun ikut menghadiri Kunker Presiden Joko Widodo dalam rangka pagelaran Festival Dahau saat Perayaan HUT ke24 Kabupaten Kubar di Alun-Alun Itho Sendawar, Jumat (03/11/2023).Foto: HO/Mahulu-Prokopim.
Wabup Mahulu Yohanes Avun ikut menghadiri Kunker Presiden Joko Widodo dalam rangka pagelaran Festival Dahau saat Perayaan HUT ke24 Kabupaten Kubar di Alun-Alun Itho Sendawar, Jumat (03/11/2023).Foto: HO/Mahulu-Prokopim.

BorneoFlash.com, SENDAWAR – Wakil Bupati Mahakam Ulu (Wabup Mahulu) Yohanes Avun menghadiri Kunjungan Kerja (Kunker) Presiden Republik Indonesia (RI) Joko Widodo dalam rangka pagelaran Festival Dahau yang merupakan salah satu rangkaian dari Perayaan Hari Jadi ke–24 Tahun Kabupaten Kutai Barat (Kubar) bertempat di Alun-Alun Itho Sendawar. Jumat (03/11/2023).

 

Perayaan Festival Dahau merupakan perayaan yang diselenggarakan setiap dua tahun sekali dalam rangka peringatan hari jadi daerah dipandang sebagai upaya pelestarian kearifan lokal sekaligus sebagai penghormatan terhadap sejarah daerah, yang pada Dahau kali ini dibuka langsung oleh Joko Widodo, dan turut dihadiri Mensesneg Pratikno, Menteri BUMN Erick Thohir, Panglima TNI Laksamana H. Yudo Margono, Kapolri Jenderal Pol. Listyo Sigit Prabowo, Pj. Gubernur Kaltim Akmal Malik, Bupati Kubar FX. Yapan, Ketua DPRD Mahulu Novita Bulan, Staf Ahli Lawing Nilas, 

 

Pada kesempatan tersebut, Presiden Jokowi dianugerahkan gelar kehormatan bangsawan adat yaitu Ajiq Tatau Narakng Bulau, Penimakng Sookng Mantiiq, Penerajuuq Bawe Ayaakng oleh Kepala Adat Besar Kubar Manaar Dimansyah, pemberian gelar adat tersebut ditandai dengan penyematan songkok khas bangsawan Dayak Benuaq.

 

Saat membuka festival Dahau Jokowi mengapresiasi penyelenggaraan festival Dahau yang diselenggarakan oleh Kabupaten Kubar, menurutnya pergelaran event-event budaya seperti ini merupakan bagian dari upaya untuk melestarikan dan memajukan kebudayaan daerah.

 

“Menjadi kewajiban kita untuk melestarikan, memajukan kebudayaan daerah, menggerakkan industri kreatif di daerah, dan melalui festival-festival budaya seperti ini, kita bisa saling belajar tentang kekayaan tradisi dan nilai-nilai budaya, toleransi, kerukunan, keharmonisan yang sudah diwariskan oleh para leluhur kita terdahulu,” kata Presiden.

 

Dalam sambutan Jokowi  juga menyampaikan ucapan terima kasih atas dukungan yang diberikan masyarakat Kubar terhadap pembangunan Ibu Kota Nusantara (IKN).

Baca Juga :  Mulai 4 Juni 2022 Semua Pembelian Dengan Fuel Card 2.0

 

“Saya juga mengucapkan terima kasih kepada seluruh masyarakat Kutai Barat, utamanya Suku Dayak yang tadi sudah memberikan gelar kepada saya dan juga atas dukungan yang diberikan terhadap pembangunan IKN, kota masa depan kita semuanya,” kata Presiden.

 

Ditemui usai mengikuti pembukaan, Wabup Yohanes Avun mengucapkan selamat datang kepada Presiden dan jajaran Menteri, dan menyambut baik ragam kegiatan yang dilaksanakan dalam rangka Hari Jadi Kabupaten Kubar ke-24 salah satunya festival Dahau. 

 

Selain itu, Wabup berharap dengan kunjungan Presiden pembangunan infrastruktur semakin baik kedepan.

 

“Harapan kita supaya infrastruktur khususnya yang ada di Samarinda sampai ke Kutai Barat bahkan Mahulu, seperti yang  sudah disampaikan oleh Bapak Bupati Kubar mengenai pembangunan Jembatan Aji Tullur Jejangkat yang belum selesai itu harapan kita dengan adanya kunjungan beliau jembatan pendekat itu bisa terbangun karena Mahulu juga punya kepentingan disitu karena kita juga melewati akses itu,” kata Wabup. 

 

Yohanes Avun mengucapkan selamat dan sukses atas pergelaran Festival Dahau dan selamat hari jadi Kabupaten Kubar yang ke–24 tahun. 

 

“Selamat hari jadi Kubar yang ke 24, terus maju, terus berbenah, semoga semua masyarakatnya hidup aman dan sejahtera, kita warga Mahulu sangat mendukung terbentuknya IKN dan harapan kita dengan adanya IKN kembali lagi kita berharap infrastruktur yang ada di daerah Mahulu bisa kena imbasnya terbangun dengan segera,” kata Wabup. (Adv)

banner 700x135

No More Posts Available.

No more pages to load.