Ratusan Investor Dalam dan Luar Negeri Hadiri Alki II Zone Investment Forum

oleh -
Penulis: Niken Sulastri
Editor: Ardiansyah
Kepala Bidang Penanaman Modal, Dinas Penanaman Modal Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP), Elok Elvia. Foto: BorneoFlash.com/Niken Sulastri.
Kepala Bidang Penanaman Modal, Dinas Penanaman Modal Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP), Elok Elvia. Foto: BorneoFlash.com/Niken Sulastri.

BorneoFlash.com, BALIKPAPANKota Balikpapan akan menghelat kegiatan Forum Investasi Alur Laut Kepulauan Indonesia (ALKI) II Zone Investment Forum, di Grand Jatra Hotel pada tanggal 24-29 Oktober 2023. Dengan menghadirkan 150 investor baik investor dalam negeri maupun luar negeri.

 

Kepala Bidang Penanaman Modal, Dinas Penanaman Modal Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kota Balikpapan, Elok Elvia mengatakan Alki II Zone Investment Forum merupakan supermarket investasi.

 

Kegiatan ini bukan hanya membahas investasi pemanfaatan ruang laut saja tetapi seluruh sektor usaha, dengan melibatkan 11 provinsi yang dihadiri DPMPTSP seluruh provinsi beserta Gubernur. 

 

Untuk Gubernur yang saat ini sudah mengkonfirmasi kehadiran adalah Pj Gubernur NTB, Gubernur Sulawesi Barat, Pj Gubernur Gorontalo dan kemungkinan Gubernur Kalimantan Tengah. “Sisanya akan menunggu konfirmasi,” ujarnya kepada media, Jumat (20/10/2023) di Balai Kota.

 

Kegiatan juga diikuti Kabupaten/Kota yang yang memiliki dokumen Investment Project Ready to Offer (IPRO), yakni 15 IPRO dari 14 Kabupaten/Kota.

 

Dalam kegiatan tersebut akan menghadirkan narasumber, yakni Staf Ahli Kementerian Perekonomian; Konsulat Jenderal Australia; Otorita IKN dan Indonesian National Shipowners Association (INSA). Rencananya Korea Selatan (Korsel) juga akan hadir.

 

Kepala Bappeda Litbang Balikpapan, Murni mengatakan para narasumber dalam hal ini Konsulat Jenderal Australia dan Korea Selatan akan memaparkan potensi Alki II dari perspektif masing-masing. “Kenapa kita memilih Korsel, karena selama ini Korsel membantu kita,” ungkapnya.

Kepala Bappeda Litbang Balikpapan, Murni. Foto: BorneoFlash.com/Niken Sulastri.
Kepala Bappeda Litbang Balikpapan, Murni. Foto: BorneoFlash.com/Niken Sulastri.

Australia merupakan negara paling ujung dari Alki II, Alki II itu negara paling selatan adalah  Australia dan negara di bagian utara adalah Vietnam, Korea, Jepang. Apalagi Australia dilirik pemerintah untuk pengembangan IKN.

Baca Juga :  Pulau Balabalagan Punya Potensi Besar, Pemkot Balikpapan Jalin Kerjasama dengan Sulbar

 

Untuk narasumber Otorita IKN menjelaskan potensi investasi di IKN dan NSA sebagai praktisi menjelaskan tantangannya dalam melakukan kegiatan usaha di Alki II. Serta, Kemenko Perekonomian akan memaparkan kebijakan investasi di Alki II.

Simak berita dan artikel BorneoFlash lainnya di  Google News

banner 700x135

No More Posts Available.

No more pages to load.