Menggali Android 14: Inovasi Terbaru di Dunia Smartphone Samsung Galaxy Z Fold 4, Galaxy Z Flip 4, dan Galaxy S21

oleh -
Penulis: FAR
Editor: Ardiansyah
Menggali Android 14: Inovasi Terbaru di Dunia Smartphone Samsung Galaxy Z Fold 4, Galaxy Z Flip 4, dan Galaxy S21
Menggali Android 14: Inovasi Terbaru di Dunia Smartphone Samsung Galaxy Z Fold 4, Galaxy Z Flip 4, dan Galaxy S21

BorneoFlash.com, Techno – Dalam era digital yang terus berkembang, pengguna smartphone tak pernah berhenti mencari inovasi terbaru android 14.

Google, sebagai salah satu pemain utama dalam pengembangan sistem operasi untuk smartphone, telah meluncurkan Android 14. 

Beberapa pengguna masih menantikan pengalaman dengan OS baru, Android 14, khususnya yang menggunakan perangkat Samsung.

Peta Jalan Android 14 di Samsung

Pada 15 Oktober 2023, Google melaporkan bahwa pemilik Galaxy Z Fold 4, Galaxy Z Flip 4, dan Galaxy S21 series dapat mengunduh versi beta Android 14 melalui program One UI 6.0. Samsung membuka program beta untuk Galaxy S23 pada Agustus 2023, lalu diperluas ke S22, Z Fold 5, Flip 5, dan perangkat lainnya.

 

Saat ini, Samsung merilis pembaruan beta Android 14 untuk Galaxy Z Fold 4 dan Flip 4 di Korea Selatan. Meskipun pembaruan ini belum tersedia secara global, harapan pengguna Indonesia untuk segera menguji coba OS yang semakin tinggi.

 

Di Amerika Serikat, program beta Android 14 juga berlangsung untuk seri Galaxy S21. Pengguna S21, S21+, dan S21 Ultra dapat mendaftar melalui aplikasi Samsung Members untuk mengakses beta ini. Dengan langkah cepat Samsung dalam menyajikan versi beta, dapat diantisipasi bahwa pembaruan stabil akan segera menyusul.

One UI 6: Antarmuka Baru Samsung Berbasis Android 14

Selain Google, Samsung juga telah mempersiapkan terobosan terbaru dengan merilis One UI 6 yang berbasis Android 14. Meski masih beta, beberapa pengguna di beberapa negara telah merasakan fitur baru.

 

Tampilan Homescreen

One UI 6 menghadirkan perubahan pada tampilan homescreen. Font baru dan label ikon yang lebih sederhana memberikan kesan segar. Samsung kini menggunakan font default baru di semua bagian sistem.

Baca Juga :  Perumahan Subsidi: Solusi Terjangkau untuk Rumah Idaman

Widget

Widget di One UI 6 mengalami penyegaran. Ada widget insight cuaca baru yang memberikan informasi lebih rinci tentang kondisi cuaca setempat. Widget kamera baru hadir sebagai pintasan untuk mode kamera yang sering digunakan.

Layar Kunci

One UI 6 memperluas opsi jam lockscreen dengan fitur ukuran, font, dan gaya yang dapat disesuaikan oleh pengguna.

Panel Quick Settings

Pembaruan pada Panel Quick Settings (QS) membuat pengaturan Wi-Fi dan Bluetooth memiliki baris tersendiri di bagian atas panel QS. Fitur akses instan QS memungkinkan pengguna mengakses versi penuh dari QS dengan mengusap layar sisi kanan.

Panel Notifikasi

Perubahan pada panel notifikasi mencakup pemisahan antar aplikasi, mempermudah pengguna untuk mengurutkan notifikasi berdasarkan waktu.

Fitur-Fitur Lainnya

App Drawer kini mendukung pencarian fungsi penekanan lama pada aplikasi, memungkinkan pengguna untuk langsung masuk ke tindakan tertentu.

Samsung Keyboard juga menghadirkan gaya emoji baru, dan aplikasi kamera serta galeri turut mengalami peningkatan fitur.

Menghadapi Masa Depan dengan Android 14

Meskipun One UI 6 masih dalam versi beta, antusiasme pengguna terhadap perubahan yang dibawanya sangat tinggi. Samsung tampaknya memberikan respons yang cepat terhadap perkembangan Android 14, menjanjikan pembaruan stabil dalam waktu dekat.

Namun, informasi mengenai jadwal rilis resmi One UI 6 masih menantikan pengumuman dari Samsung. Sementara itu, pengguna di seluruh dunia, termasuk Indonesia, berharap dapat segera merasakan sentuhan inovatif di perangkat mereka.

Dalam dunia yang terus berkembang, sistem operasi Android 14 membawa harapan baru bagi pengguna Samsung. Dari tampilan homescreen yang segar hingga peningkatan pada panel notifikasi, perubahan ini memperkaya pengalaman pengguna. Meskipun masih dalam versi beta, Android 14 dan One UI 6 menjanjikan masa depan yang cerah bagi industri smartphone. Mari saksikan bersama bagaimana inovasi ini akan membentuk cara kita berinteraksi dengan teknologi di masa mendatang.

banner 700x135

No More Posts Available.

No more pages to load.