Pastikan Distribusi Ke SPBU Berjalan Seperti Biasa, Pertamina: “BBM Jenis Pertalite Tetap Tersedia”

oleh -
Editor: Ardiansyah
PT Pertamina Patra Niaga di Regional Kalimantan tetap menyalurkan Bahan Bakar Minyak (BBM) jenis Pertalite ke setiap SPBU.  Foto: HO/PT Pertamina Patra Niaga.
PT Pertamina Patra Niaga di Regional Kalimantan tetap menyalurkan Bahan Bakar Minyak (BBM) jenis Pertalite ke setiap SPBU.  Foto: HO/PT Pertamina Patra Niaga.

BorneoFlash.com, BALIKPAPAN – Sebagai bentuk penugasan dari Pemerintah Republik Indonesia sesuai Peraturan Presiden Nomor 191 tahun 2014, PT Pertamina Patra Niaga di Regional Kalimantan tetap menyalurkan Bahan Bakar Minyak (BBM) jenis Pertalite ke setiap SPBU yang menyalurkan BBM jenis tersebut. 

 

Hal ini diungkapkan oleh Area Manager Communication, Relations dan CSR Kalimantan, Arya Yusa Dwicandra, dalam keterangan persnya pada Senin (16/10/2023).

 

“Untuk Kota Balikpapan misalnya, setiap hari kami menyalurkan rata-rata sebesar 350 Kiloliter (KL) BBM jenis Pertalite. Jumlah tersebut tetap sama semenjak 3 bulan terakhir terhitung dari Agustus hingga Oktober ini.”

 

“Artinya penyaluran BBM jenis Pertalite tetap berjalan seperti biasa dalam 3 bulan terakhir. Bahkan untuk stok BBM itu sendiri di Integrated Terminal (IT) Balikpapan masih tersedia hingga akumulatif 9-14 hari kedepan,” kata Arya.

 

Menanggapi maraknya isu penghapusan Pertalite di lapangan, Arya menambahkan bahwa tidak ada rencana penghapusan dalam waktu dekat. 

 

“Yang diungkapkan oleh Direktur Utama Pertamina beberapa waktu lalu adalah rencana penambahan bahan bakar nabati yaitu Ethanol ke produk Pertalite menjadi bahan bakar yang lebih baik tentu terkait penamaan dan harga masih dalam tahap kajian. Tidak ada perubahan dalam waktu dekat,” ucapnya.

 

Sementara itu, banyaknya masyarakat yang mengeluhkan antrian BBM jenis Pertalite, Arya menyampaikan bahwa hal tersebut terjadi karena beberapa faktor.

 

“Faktor yang pertama adanya panic buying karena kekhawatiran terhadap isu penghapusan Pertalite, dalam hal ini sekali lagi kami menyampaikan tidak ada penghapusan BBM jenis Pertalite. Yang kedua, ada beberapa konsumen Pertamax yang beralih (shifting) ke Pertalite karena faktor kenaikan harga di bulan Oktober 2023.”

Baca Juga :  Kebakaran di Kampung Long Pakaq, Wabup Mahakam Ulu Serahkan Bantuan dan Ajak Masyarakat Waspada
Pendistribusian Bahan Bakar Minyak (BBM) jenis Pertalite Kepada Konsumen di SPBU. Foto: HO/PT Pertamina Patra Niaga.
Pendistribusian Bahan Bakar Minyak (BBM) jenis Pertalite Kepada Konsumen di SPBU. Foto: HO/PT Pertamina Patra Niaga.

“Faktor kedua ini yang kami harapkan kesadaran dari konsumen BBM dengan spesifikasi kendaraan minimal RON 92 untuk tetap menggunakan BBM jenis Pertamax sehingga kualitas kendaraan tetap terjaga,” ujar Arya.

 

PT Pertamina Patra Niaga di Regional Kalimantan senantiasa tetap memastikan distribusi BBM kepada masyarakat tetap terpenuhi. Hal ini sebagai bentuk komitmen dalam pendistribusian energi ke seluruh negeri. 

 

Jika masyarakat membutuhkan informasi terkait distribusi BBM dan lainnya dapat menghubungi kontak Pertamina 135 atau melalui aplikasi MyPertamina. (*)

 

Simak berita dan artikel BorneoFlash lainnya di  Google News

banner 700x135

No More Posts Available.

No more pages to load.