Fraksi Demokrat Paser Ingin Besaran Anggaran APBD 2024 Berdampak Positif untuk Warga

oleh -
Editor: Ardiansyah
Fraksi Partai Demokrat Paser, yang diwakili oleh Lamaludin, pada prinsipnya menyambut baik struktur RAPBD 2024. Foto: BorneoFlash.com/Ist.
Fraksi Partai Demokrat Paser, yang diwakili oleh Lamaludin, pada prinsipnya menyambut baik struktur RAPBD 2024. Foto: BorneoFlash.com/Ist.

BorneoFlash.com, TANA PASER – Pada Rapat Paripurna di Balling Seleloi Sekretariat DPRD Paser pada Senin (16/10/2023).

 

Sejumlah Fraksi di Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Paser menyampaikan pandangan umum mereka terkait Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) tahun 2024 yang telah dibacakan oleh Bupati Paser, Fahmi Fadli.

 

Fraksi Partai Demokrat Paser, yang diwakili oleh Lamaludin, pada prinsipnya menyambut baik struktur RAPBD 2024 yang diarahkan untuk mengatasi kesenjangan pembangunan antar desa dan antara kota dengan desa.

 

Lamaludin menyoroti alokasi dana signifikan untuk pembangunan jalan, jembatan, dan gedung bangunan. Dia menyatakan bahwa alokasi ini dapat memberikan dampak positif pada masyarakat Paser, khususnya dalam mengurangi kesenjangan pembangunan.

 

Meskipun demikian, Fraksi Demokrat Paser ingin mendapatkan penjelasan lebih lanjut terkait besaran anggaran belanja modal, terutama pada sektor jalan, jembatan, gedung, dan bangunan. 

 

Lamaludin menekankan pentingnya langkah-langkah strategis yang akan diambil Pemda Paser, terutama setelah melihat realisasi belanja modal pada semester pertama tahun ini yang masih rendah. Pihaknya meminta kepastian dari Pemda agar kondisi tersebut tidak terulang di tahun 2024.

 

Fraksi Demokrat Paser menyambut positif proyeksi pertumbuhan ekonomi dan penurunan tingkat pengangguran, sehingga Pihaknya ingin mendapatkan penjelasan lebih lanjut mengenai strategi Pemkab Paser dalam menghadapi situasi ekonomi global yang kurang kondusif, khususnya di sektor pertambangan dan penggalian.

 

Fraksi ini juga menyoroti perubahan target penurunan tingkat kemiskinan yang menjadi pertanyaan, menginginkan klarifikasi mengenai alasan di balik kenaikan target tersebut.

 

Dalam hal proyeksi pajak daerah dan retribusi daerah, Fraksi Partai Demokrat Paser mempertanyakan penurunan proyeksi pajak daerah dan menginginkan penjelasan mengenai upaya Pemda Paser dalam meningkatkan capaian kinerja retribusi daerah. 

Baca Juga :  RDMP Balikpapan JO Bagi Ratusan Paket Sembako Sambut Hari Raya Idul Fitri 1444 H

 

Pada akhirnya, Fraksi Partai Demokrat Paser menyatakan kesiapannya untuk terlibat dalam diskusi lebih lanjut guna memastikan bahwa APBD 2024 dapat memberikan kontribusi nyata terhadap kemajuan dan kesejahteraan masyarakat Paser sesuai dengan visi-misi Paser yang Maju, Adil, dan Sejahtera (MAS). (Adv/Joe)

 

banner 700x135

No More Posts Available.

No more pages to load.