Adalah Uwais Al Qarni, Sosok yang Tidak Terkenal di Bumi Namun Terkenal di Langit

oleh -
Editor: Ardiansyah
Ilustrasi
Ilustrasi

BorneoFlash.com – Seorang laki-laki dari kalangan orang biasa yang tidak terkenal di bumi membuat para sahabat nabi keheranan. Sebab, laki-laki itu justru terkenal di langit.

 

Ia adalah Uwais Al Qarni. Dalam sebuah riwayat dikatakan, sosoknya begitu terkenal bagi penduduk langit dan doanya mustajab.

 

Lelaki yang memiliki nama lengkap Uwais bin Amir Al Qarni ini adalah seorang sufi yang lahir di desa terpencil yang bernama Qaran di dekat Nejed.

 

Ia mendapatkan julukan Al Qarni karena dilahirkan di desa Qaran, seperti disebutkan dalam buku Ensiklopedia Tasawuf Imam Al-Ghazali karya M. Abdul Mujieb dkk.

 

Di kalangan para sufi, Uwais Al Qarni dikenal sebagai orang yang taat dan berbakti kepada kedua orang tua dan kehidupannya yang sederhana dan zuhud yang sejati. Uwais juga dikenal sebagai sufi yang mempunyai ilmu kesucian diri yang luar biasa dari Allah SWT.

 

Uwais Al Qarni meninggal dunia sepulang dari medan Perang Siffin. Perang tersebut merupakan perang antara golongan Ali bin Abi Thalib RA dengan golongan Muawiyah. Ia terserang penyakit dan meninggal pada tahun 39 H (sumber lain menyebut 37 H).

 

Hadits tentang Uwais Al Qarni

 

Terdapat hadits yang diriwayatkan oleh Abu Hurairah tentang Uwais Al Qarni yang terdapat dalam buku 500 Kisah Orang Saleh Penuh Hikmah karya Imam Ibnul Jauzi.

 

Rasulullah SAW bersabda,

“Allah mencintai hamba-Nya yang suci hatinya, tersembunyi jati dirinya dari makhluk lain, tidak berbuat dosa, penampilannya terlihat kusut, dan wajahnya terlihat dipenuhi debu jalanan, perutnya kempis, di mana jika mereka meminta izin bertemu para pejabat tinggi mereka tidak diberikan izin. Jika mereka ingin menikahi perempuan cantik, tidak diterima. Jika mereka ingin hadir, mereka tidak diundang. Jika mereka hadir ke suatu tempat, kedatangan mereka tidak membuat orang gembira. Jika mereka sakit tidak ada yang menjenguk, dan jika mereka mati mereka tidak ada yang melayat.”

Baca Juga :  Terpapar Covid-19, Seorang Dokter di Balikpapan Meninggal Dunia 

Mereka bertanya, “Wahai Rasulullah, siapakah orang yang berperilaku seperti itu?”

 

Beliau bersabda, “Dia adalah Uwais Al Qarni.”

 

Mereka bertanya, “Siapakah Uwais Al Qarni?”

Simak berita dan artikel BorneoFlash lainnya di  Google News

banner 700x135

No More Posts Available.

No more pages to load.