Diresmikan Gubernur Kaltim, Bupati Mahulu: Jaga, Rawat dan Manfaatkan dengan Baik Jembatan Sei Mobong Ini

oleh -
Editor: Ardiansyah
Bupati Mahulu Bonifasius Belawan Geh berfoto bersama Gubernur Isran Noor dan Wagub Kaltim Hadi Mulyadi saat peresmian Jembatan Sei Mubong Jumat (15/09/23).
Bupati Mahulu Bonifasius Belawan Geh berfoto bersama Gubernur Isran Noor dan Wagub Kaltim Hadi Mulyadi saat peresmian Jembatan Sei Mubong Jumat (15/09/23). Foto: HO/Prokopim Mahulu.

BorneoFlash.com, UJOH BILANG – Dengan diresmikannya Jembatan Sei Mubong dan mempermudah akses lalu lintas masyarakat Kecamatan Long Bagun menuju Kecamatan Long Pahangai.

 

Bupati Mahakam Ulu (Mahulu) Bonifasius Belawan Geh, berharap masyarakat Mahulu dapat memanfaatkan jembatan ini dengan baik untuk meningkatkan taraf hidup dan memajukan Kabupaten.

 

“Saya juga ingin menyampaikan bahwa pembangunan infrastruktur ini merupakan tanggung jawab bersama. Mari kita jaga dan rawat jembatan ini dengan baik, sehingga dapat digunakan oleh generasi-generasi mendatang. Saya juga mengajak seluruh masyarakat untuk terus berkolaborasi dalam pembangunan di Kabupaten Mahulu,” kata Bupati Mahulu, Jumat (15/09/23).

 

Pesan tersebut disampaikan Bupati Bonifasius Belawan Geh dalam acara peresmian Jembatan Sei Mubong oleh Gubernur Kaltim Isran Noor yang berlokasi di Kecamatan Long Bagun. 

 

Bupati menambahkan bahwa kehadiran jembatan selain mempermudah akses masyarakat juga akan berdampak pada percepatan pertumbuhan ekonomi. 

 

“Karena pergerakan barang-barang dan jasa menjadi lebih lancar. Selain itu, masyarakat Mahulu akan memiliki akses yang lebih baik ke pelayanan kesehatan dan pendidikan di wilayah sekitar, juga akan membuka peluang baru dalam berbagai sektor, khususnya kepariwisataan. Dengan keindahan alam yang masih asri, dan jantur yang mempesona, serta tradisi dan budaya yang masih kental. Dengan terbangunnya jembatan mubong ini akan mempermudah akses transportasi menjadi cepat dan aman. Ini adalah peluang besar bagi Pemerintah Kabupaten Mahulu untuk mengundang pengunjung untuk menjelajahi pesona alam Mahulu,” ucap Bupati. 

 

Dalam laporan Kepala Dinas PUPR-PERA Prov. Kaltim AM. Fitra Firnanda menuturkan bahwa pembangunan jembatan Sei Mubong sepanjang 60 Meter sejak tahun 2022 ini dilaksanakan oleh Kodam VI Mulawarman. 

Baca Juga :  Dua Orang Tewas di Kapal Bukanlah Pekerja PT KRN, Berikut Klarifikasinya

 

“Bentang jembatan ini adalah 60 meter, dan menghabiskan biaya sebesar 19,7 Miliar dengan pengawas CV. Adef Engineering,” kata Kadis PUPR-PERA Prov. Kaltim.

 

Dikatakan Fitra Firnanda, lebih lanjut, pada tahun 2019 hingga tahun 2022 Pemprov Kaltim telah melakukan perbaikan geometrik jalan sepanjang 40 km pada ruas jalan Ujoh Bilang, Long Bagun hingga Long Pahangai, dan telah dibangun 17 jembatan bailey dan 1 jembatan rangka yakni jembatan Sei Mubong, selain itu dalam tahun 2023 akan dilakukan perbaikan geometrik jalan/pelebaran jalan sepanjang 20 km di ruas Ujoh Bilang, Long Bagun dan Long Pahangai.

 

“Pembangunan yang berkenaan dengan ruas jalan Ujoh Bilang – Long Pahangai, dimana ruas ini panjangnya adalah 115 km, untuk tahun 2023 kita masih melanjutkan dengan pelaksanaan melalui Kodam Mulawarman, dengan anggaran sebesar kurang lebih 100 milyar dimana membangun 12 unit jembatan bailey yang tersebar di sepanjang ruas tersebut, dan perbaikan geometrik dengan timbunan pilihan sepanjang 20 km, karena memang kalau kita lihat dari SDA awal sampai akhir masalah terbesar adalah ketinggian gunung sehingga kita prioritaskan untuk perbaikan geometrik serta pembangunan jembatan,” kata Fitra . (Adv)

Simak berita dan artikel BorneoFlash lainnya di  Google News

banner 700x135

No More Posts Available.

No more pages to load.