Bupati Mahulu: OPD Segera Susun Perubahan Rencana, Prioritaskan Kebutuhan Masyarakat di Daerah

oleh -
Editor: Ardiansyah
Bupati Mahulu Bonifasius Belawan Geh membuka Musrenbang Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (P-RPJMD) Kabupaten Mahulu 2021-2026, di Balai Adat Ujoh Bilang, Rabu (13/09/2023). Foto: HO/Prokopim Mahulu.
Bupati Mahulu Bonifasius Belawan Geh membuka Musrenbang Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (P-RPJMD) Kabupaten Mahulu 2021-2026, di Balai Adat Ujoh Bilang, Rabu (13/09/2023). Foto: HO/Prokopim Mahulu.

BorneoFlash.com, UJOH BILANG – Bupati Mahakam Ulu (Mahulu) Bonifasius Belawan Geh secara Resmi membuka Musyawarah Perencanaan Pembangunan Perubahan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (Musrenbang P-RPJMD) Kabupaten Mahulu 2021-2026, di Balai Adat Ujoh Bilang, Rabu (13/09/2023).

Kegiatan Musrenbang P-RPJMD yang difasilitasi oleh Badan Perencanaan, Pembangunan, Penelitian, dan Pengembangan Daerah (Bappelitbangda) Mahulu ini menghadirkan narasumber Tim Tenaga Ahli dari Pusat Studi Sumberdaya dan Teknologi Kelautan Universitas Gadjah Mada, Yanse Kardias, beserta rombongan tim.

Turut Hadir Pula dalam Kegiatan Pembukaan Musrenbang P-RPJMD Mahulu Ketua DPRD Mahulu Novita Bulan, Sekda Mahulu Stephanus Madang, dan Kepala Bappelitbangda Gerry Gregorius.

Dalam arahannya Bupati Mahulu menyampaikan kepada para Perangkat Kerja Daerah di Lingkungan Pemkab Mahulu dan Peserta Musrenbang P-RPJMD untuk memiliki pemahaman yang tepat terhadap Visi Misi dan Program Pembangunan Daerah, demi menghasilkan persepsi yang sama di seluruh aparatur daerah setiap jenjang dan jajaran Pemerintah khususnya, dan segenap stakeholder pada umumnya untuk “Membangun Mahulu Untuk Semua, Sejahtera Berkeadilan”.

Dan mengingat juga bahwa output dari Musrenbang P-RPJMD ini merupakan rujukan utama sebagai bahan masukan untuk Penyempurnaan Perubahan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah Kabupaten Mahulu Tahun 2021-2026 yang selanjutnya menjadi acuan utama dalam penyusunan RAPBD.

“Maka, untuk itu melalui forum ini saya menginstruksikan kepada seluruh Kepala Perangkat Daerah (Kepala Dinas, Badan, Kepala Bagian dan Kecamatan) agar mendukung seluruh tahapan penyusunan Perubahan RPJMD sekaligus menyusun Perubahan Rencana Strategis (Renstra) masing-masing Perangkat Daerah tepat waktu dengan menyampaikan program, indikator, target serta pendanaan yang akan menjadi bagian yang tidak terpisahkan dalam penyempurnaan Perubahan RPJMD Kabupaten Mahulu 2021–2026,” ucapnya.

Baca Juga :  PKS Sudah Tetapkan Dukungan di Pilkada Serentak se-Kaltim

Bonifasius mengingatkan bahwa hal yang menjadi prioritas pembangunan mengacu pada RPJPD Kabupaten Mahulu Tahun 2005-2025, dan mempertimbangkan Visi, Misi dan Program Kepala Daerah, serta memperhatikan RPJMD Provinsi Kalimantan Timur serta RPJM Nasional Tahun 2020-2024.

Bupati Mengatakan Rancangan Perubahan RPJMD merupakan masukan utama Perangkat Daerah dalam menyusun Rancangan Perubahan Renstra Perangkat Daerah. 

Untuk itu dengan mengikuti setiap tahapan dan langkah-langkah dalam penyusunan Dokumen Perubahan RPJM Daerah tentunya diharapkan menghasilkan Dokumen Perencanaan yang berkualitas, sehingga pelaksanaan pembangunan Kabupaten Mahakam Ulu dapat memenuhi harapan seluruh masyarakat Mahakam Ulu, lebih terpola dan terarah, mempunyai tujuan dan 16 sasaran yang konkret, hasil -hasilnya dapat memenuhi sasaran yang diharapkan, sistematis dan dapat dipertanggungjawabkan sebagai salah satu perwujudan akuntabilitas dan transparansi kepada publik.

“Untuk itu sebagaimana agenda yang telah disusun, maka Rancangan Perubahan RPJMD harus disepakati, untuk dilanjutkan ke tahap selanjutnya. Dan melalui forum ini saya juga mengharapkan masukkan dari seluruh peserta Musrenbang berupa gambaran riil potensi serta kebutuhan dasar program pembangunan, yang implementasinya secara langsung dapat menyentuh masyarakat Mahulu secara luas, dengan lebih terfokus pada penanganan permasalahan di daerah,” katanya. (Adv)

Simak berita dan artikel BorneoFlash lainnya di  Google News

banner 700x135

No More Posts Available.

No more pages to load.