Pelaksanaan KBM dan PSN Secara Serentak di Kota Balikpapan: Tinjauan Wali Kota di Lima Lokasi

oleh -
Penulis: Niken Sulastri
Editor: Ardiansyah
Pelaksanaan KBM dan PSN Secara Serentak di Kota Balikpapan: Tinjauan Wali Kota di Lima Lokasi. Foto: (Niken Sulastri/Borneoflash.com)
Pelaksanaan KBM dan PSN Secara Serentak di Kota Balikpapan: Tinjauan Wali Kota di Lima Lokasi. Foto: (Niken Sulastri/Borneoflash.com)

BorneoFlash.com, BALIKPAPAN – Pemerintah Kota Balikpapan mengeluarkan Surat Edaran Wali Kota Balikpapan, untuk melaksanakan Kerja Bakti Massal (KBM) dan Pemberantasan Sarang Nyamuk (PSN).

Kegiatan KBM dan PSN dilakukan secara serentak di seluruh wilayah Kota Balikpapan, pada hari Minggu (17/9/2023).

Terkait hal itu, Wali Kota Balikpapan Rahmad Mas’ud didampingi Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Balikpapan Muhaimin dan Kepala Organisasi Perangkat Daerah Kota Balikpapan meninjau langsung pelaksanaan KBM dan PSN di beberapa tempat, diawali peninjauan di Jalan Cemara RT 31 Kelurahan Mekar Sari. 

Kemudian, di Jalan Klamono III RT 55 Kelurahan Muara Rapak dilanjutkan Jalan Minangkabau Gang Damai 3 RT 04 Kelurahan Batu Ampar. Lanjut ke Jalan Sepinggan Baru II RT 16 Kelurahan Sepinggan Baru. Terakhir meninjau di Jalan Tirtasari RT 16 Kelurahan Sepinggan.

Setiap peninjauan, Wali Kota Balikpapan didampingi Sekda Balikpapan dan Kepala Dinas Kesehatan Balikpapan mengingatkan kepada masyarakat untuk menjaga kebersihan, karena kasus Demam Berdarah (DBD) meningkat di Kota Balikpapan.

Dalam kesempatan itu juga, memasangkan kelabu air kepada salah satu penampungan rumah warga. Namun, terlebih dahulu menaburkan abate.

Wali Kota Balikpapan H Rahmad Mas'ud saat memasangkan kelambu air di penampungan air warga di RT 55 Kelurahan Muara Rapak pada hari Minggu (17/9/2023).(Foto:BorneoFlash.com/Niken Sulastri).
Wali Kota Balikpapan H Rahmad Mas’ud saat memasangkan kelambu air di penampungan air warga di RT 55 Kelurahan Muara Rapak pada hari Minggu (17/9/2023).(Foto:BorneoFlash.com/Niken Sulastri).

“Ini bagian kebersamaan kita. Pemerintah banyak membuat program-program salah satunya kesehatan untuk melindungi warga kita tapi semua itu tidak mungkin berjalan maksimal tanpa dukungan semua pihak termasuk yang menjadi ujung tombak adalah Ketua RT,” jelasnya.

Program ini tidak mungkin dapat berjalan tanpa ada edukasi dan penyampaian kepada Ketua RT sebagai penghubung Pemerintah kepada masyarakat.

Saat ini masalah DBD meningkat di Kota Balikpapan. Untuk itu, masyarakat harus waspada dalam menghadapi kasus ini. “Kalau bukan kita yang melindungi terhadap diri kita,  siapa lagi. Pemerintah hanya menyampaikan regulasi, pencegahan dan memberikan fasilitasi, tapi implementasi ada pada masyarakat,” terangnya.

Baca Juga :  Hari ini, KPU Balikpapan Terima Pengajuan Persyaratan Bacaleg NasDem dan PDIP

Ia mengucapkan terima kasih kepada masyarakat yang telah membantu dan melancarkan program pemerintah. “Saya berharap semua RT,dapat menghidupkan kembali bank sampah karena kebersihan itu juga bagian dari iman,” ujarnya.

Rahmad berharap seluruh warga kota selalu sehat dan selalu dilindungi serta dijauhkan dari hal yang tidak diinginkan. “Semoga kelabu air ini sangat bermanfaat. Ini merupakan bagian dari ikhtiar kita,” ungkapnya.

Ketua RT 55 Kelurahan Muara Rapak, Prayitno mengucapkan terima kasih Wali Kota telah berkunjung di wilayah RT 55 Kelurahan Muara Rapak. “Kami sudah melaksanakan kerja bakti mulai dari kemarin dan pagi tadi juga sudah bersih-bersih,” ucapnya.

Ia menuturkan kedatangan Wali Kota Balikpapan terus memberikan semangat untuk warga RT 55 terus bekerja untuk Kota Balikpapan.

“Inilah kekompakan kita, kerukunan kita bahwasanya kalau kita selalu rukun dan damai. Insyaallah kita selalu diberikan kesehatan,” pungkasnya

Simak berita dan artikel BorneoFlash lainnya di  Google News

banner 700x135

No More Posts Available.

No more pages to load.