HUT 78 PMI Kota Balikpapan Meriahkan Dengan Berbagai Penghargaan

oleh -
Penulis: Niken Sulastri
Editor: Ardiansyah
Asisten I Bidang Tata Pemerintahan Sekretariat Daerah Kota Balikpapàn, Zulkipli saat memberikan penghargaan kepada pendonor darah lebih dari 100 kali pada peringatan HUT ke 78 PMI, di Gedung PMI Balikpapan pada hari Minggu (17/9/2023).(Foto:BorneoFlash.com/Niken Sulastri).
Asisten I Bidang Tata Pemerintahan Sekretariat Daerah Kota Balikpapàn, Zulkipli saat memberikan penghargaan kepada pendonor darah lebih dari 100 kali pada peringatan HUT ke 78 PMI, di Gedung PMI Balikpapan pada hari Minggu (17/9/2023).(Foto:BorneoFlash.com/Niken Sulastri).

BorneoFlash.com, BALIKPAPAN – Tepat pada tanggal 17 September 2023, Palang Merah Indonesia (PMI) merayakan Hari Ulang Tahun (HUT) ke 78 tahun.

PMI Kota Balikpapan memberikan beberapa penghargaan dalam merayakan HUT ke 78 tahun 2023, diantaranya penghargaan kepada para pendonor darah yang sudah mendonor lebih dari 100 kali sebanyak tujuh orang.

Penghargaan diberikan kepada pegawai dan relawan, pemberian BPJS Ketenagakerjaan secara gratis kepada Donor Darah Sukarela (DDS) yang merupakan Peserta Bukan Penerima Upah, penghargaan kepada pegawai dan relawan PMI serta penghargaan ucapan terima kasih kepada mitra PMI.

Sesuai dengan amanat Undang- undang No.1 Tahun 2018 tentang Kepalangmerahan menjalankan berbagai kegiatan kepalang merahan diantaranya, penanganan bencana; penanganan konflik; penyediaan darah yang aman dan sehat; penanganan masalah kesehatan sosial serta pendidikan dan pelatihan dalam rangka pembinaan generasi muda dan tugas tugas kemanusiaan lainnya.

HUT kali ini PMI mengusung tema MENOLONG SEPENUH HATI, berinisasi melakukan kegiatan-kegiatan adaptasi perubahan iklim dan berkomitmen menjadi bagian dari solusi untuk Bumi yang lebih baik.

Oleh karenanya pada kesempatan HUT ke 78 PMI Tahun ini mengucapkan terima kasih dan penghargaan kepada Relawan karyawan dan pengurus atas dedikasi dan pengabdiannya selama ini.

Ia mengucapkan terima kasih kepada segenap donatur/ instansi Lembaga dan pihak-pihak terkait dan masyarakat yang sudah memberikan dukungan dan mempercayakan bantuannya baik material maupun non material kepada PMI selama ini.

“Marilah kita melaksanakan amanah dan kegiatan di PMI dengan penuh keikhlasan, professional/ transparan dan akuntabel sehingga mendapatkan kepercayaan dari masyarakat yang merupakan modal utama bagi PMI agar mendapatkan dukungan dari berbagai pihak,” ucap Ketua PMI Kota Balikpapan, drg Dyah Muryani saat memberikan sambutan pada peringatan HUT ke 78 PMI, di Gedung PMI Balikpapan pada hari Minggu (17/9/2023).

Baca Juga :  Dua Pemain Calon Naturalisasi Tiba di Indonesia
Ketua PMI Kota Balikpapan, drg Dyah Muryani saat memberikan sambutan pada peringatan HUT ke 78 PMI, di Gedung PMI Balikpapan pada hari Minggu (17/9/2023). Foto:BorneoFlash.com/Niken Sulastri).
Ketua PMI Kota Balikpapan, drg Dyah Muryani saat memberikan sambutan pada peringatan HUT ke 78 PMI, di Gedung PMI Balikpapan pada hari Minggu (17/9/2023). Foto:BorneoFlash.com/Niken Sulastri).

Terus bergerak bersama menolong sepenuh hati mengedepankan kegiatan yang berfokus pada masyarakat, dengan melakukan aksi-aksi dalam keseharian untuk adaptasi dalam perubahan iklim, memelihara tanaman di rumah maupun di ruangan kantor, menggunakan kertas bekas, mengirimkan dokumen secara online, membawa botol minum ( tumbler) dan aksi aksi lainnya untuk dapat mengurangi dampak perubahan iklim.

Aksi ini diharapkan dapat mulai dilakukan dan perlahan menjadi gaya hidup setiap personal PMI. “Marilah kita semua bergerak bersama menolong sepenuh hati,” tegasnya.

Sementara itu, Asisten 1 Bidang Tata Pemerintahan Sekretariat Daerah Kota Balikpapan, Zulkifli mengatakan atas nama pemerintah Kota Balikpapan mengucapkan selamat ulang tahun kepada seluruh insan Palang Merah Indonesia Kota Balikpapan yang terus berinovasi dan berdedikasi memberikan layanan kepada masyarakat. 

Ia pun mengapresiasi dan penghargaan kepada  para pahlawan kemanusian yang dengan tulus ikhlas mendonorkan darahnya kepada yang membutuhkan.

“Kita berharap dengan tema peringatan tahun ini, semakin banyak pahlawan kemanusiaan bermunculan dari Balikpapan,” ujarnya saat membacakan sambutan Wali Kota Balikpapan.  

Sebagai organisasi kemanusiaan, PMI adalah milik masyarakat, untuk bergabung bersama PMI dalam semangat kedermawanan dan kerelawanan, keanggotaannya terbuka bagi semua golongan tanpa membeda-bedakan latar belakang. “PMI Balikpapan diharapkan mampu mendiseminasikan nilai-nilai kemanusiaan dan hukum humaniter internasional,” terangnya.

Dengan berbagai tugas yang diemban, PMI Kota Balikpapan mampu menjalankan perannya di tengah berbagai keterbatasan. Salah satu keberhasilan tugas PMI Kota Balikpapan adalah menyediakan plasma konvalesen dalam menangani pandemi Covid 19 yang telah berlalu. Tentu ini sebuah pencapaian yang patut mendapat apresiasi berkat kerja keras, kolaborasi dengan semua pihak, yang ditunjang dengan dedikasi insan PMI.

banner 700x135

No More Posts Available.

No more pages to load.