Latih Keterampilan Public Speaking, Mahasiswa Jurusan Ilmu Komunikasi UMM Jadi Podcaster

oleh -
Penulis: Redaksi
Editor: Ardiansyah
Mahasiswa semester 4 tahun 2022-2023 jurusan Ilmu Komunikasi Universitas Muhammadiyah Malang membuat konten podcast sebagai tugas mata kuliah Public Speaking. Foto: HO.
Mahasiswa semester 4 tahun 2022-2023 jurusan Ilmu Komunikasi Universitas Muhammadiyah Malang membuat konten podcast sebagai tugas mata kuliah Public Speaking. Foto: HO.

BorneoFlash.com, MALANG – Perkembangan teknologi yang semakin pesat membuat pendidik dan pengajar wajib beradaptasi dengan cepat. Salah satu media yang kini diminati oleh banyak orang adalah podcast atau siniar. 

Dilansir dari laporan Digital Marketing Trends tahun 2022 yang dirilis oleh Hootsuite, sebanyak 20,4 persen dari pengguna internet yang berusia 16 hingga 64 tahun adalah pendengar podcast dan Indonesia menempati peringkat kedua sebagai pendengar podcast terbanyak di dunia.

Melihat fenomena podcaster yang semakin menjamur, di perkuliahan semester genap ini mahasiswa semester 4 tahun 2022-2023 jurusan Ilmu Komunikasi Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) membuat konten podcast sebagai tugas mata kuliah Public Speaking untuk memenuhi penilaian akhir semester. 

Logo
Logo

Tugas membuat materi dan praktek membuat konten podcast ini diselenggarakan oleh dosen pengampu mata kuliah Public Speaking kelas B, G, H, I, J, yaitu Tanti Nur Dwiyanti, yang bekerja sama dengan Bingkai Karya dan Komunikita. 

“Dari awal perkuliahan mahasiswa sudah di-sounding bahwa kegiatan praktek public speaking bukan hanya asal bisa bicara, tetapi harus mampu membuat deskripsi atau script sebagai materi yg akan kita angkat dalam praktek atau konten,” ujar Tanti. “Berkegiatan public speaking itu juga bukan melulu tampil individu, tetapi keberhasilan bisa karena tim. Karenanya ada dua penilaian yg kami berikan tugas individu dan tugas kelompok.”

banner 700x135

No More Posts Available.

No more pages to load.