Kesiapan Balikpapan Sebagai Gerbang dan Penyangga IKN, Pembenahan Infrastruktur Dibutuhkan

oleh -
Penulis: Niken Sulastri
Editor: Ardiansyah
Sekretaris Daerah Kota Balikpapan Muhaimin. Foto: BorneoFlash.com/Niken Sulastri.
Sekretaris Daerah Kota Balikpapan Muhaimin. Foto: BorneoFlash.com/Niken Sulastri.

BorneoFlash.com, BALIKPAPAN – Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Balikpapan Muhaimin saat menerima kunjungan dari Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) untuk melakukan Diklat Pelatihan Kepemimpinan Nasional Tingkat II Tahun 2023 menyampaikan beberapa hal – hal untuk disampaikan kepada Pemerintah Pusat.

“Banyak hal-hal strategis yang bisa kita sampaikan. Dengan adanya IKN ini kesiapan Balikpapan seperti apa, infrastruktur kami seperti apa,” jelas Sekda Kota Balikpapan ditemui usai pertemuan di Ruang Rapat I Balik Kota Balikpapan, pada hari Selasa (8/8/2023).

Muhaimin mengatakan adanya IKN di provinsi Kalimantan Timur dan Kota Balikpapan sebagai pintu gerbang dan penyangga IKN, tentunya penduduk Balikpapan akan semakin bertambah. Oleh karena itu, infrastruktur sangat dibutuhkan.

“Isu-isu ini yang selalu kita sampaikan pada saat kita rapat di Bappenas atau Musrenbang provinsi. Mudah-mudahan bisa menjadi pembahasan di Kementerian PUPR melalui peserta PKN Tingkat II,” ucapnya.

Pertemuan ini bisa memfasilitasi hal-hal yang menjadi tujuan pemerintah dalam mempercepat pembangunan di Kota Balikpapan.

Peserta Diklat Pelatihan Kepemimpinan Nasional Tingkat II Kementerian PUPR Tahun 2023. Foto: BorneoFlash.com/Niken Sulastri.
Peserta Diklat Pelatihan Kepemimpinan Nasional Tingkat II Kementerian PUPR Tahun 2023. Foto: BorneoFlash.com/Niken Sulastri.

Pasalnya, anggaran yang dimiliki Pemerintah Kota Balikpapan terbatas. Untuk itu, perlu bantuan dari pemerintah provinsi maupun pusat agar pembangunan di Kota Balikpapan dapat segera terwujud.

“Misalnya bagaimana keberpihakan pemerintah pusat dalam hal pendanaan untuk membantu penyediaan infrastruktur Kota Balikpapan sebagai penyangga Ibu Kota Nusantara. Jadi kami sampaikan apa yang menjadi kendala kita dalam menjadikan Balikpapan sebagai Kota Penyangga IKN,” terangnya.

banner 700x135

No More Posts Available.

No more pages to load.