Transformasi UPTD BLKI Balikpapan Siap Ciptakan SDM Berkualitas!

oleh -
Penulis: Niken Sulastri
Editor: Ardiansyah
Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Kalimantan Timur (Kaltim), H Rozani Erawadi, S.H.,M.S.i. Foto: Niken/BorneoFlash.com
Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Kalimantan Timur (Kaltim), H Rozani Erawadi, S.H.,M.S.i. Foto: Niken/BorneoFlash.com

BorneoFlash.com, BALIKPAPAN – Tidak semua kabupaten/kota memiliki Unit Pelaksana Teknis Daerah (UPTD) Balai Latihan Kerja Industri (BLKI) yang mapan seperti UPTD BLKI Balikpapan.

Itulah yang disampaikan oleh Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Kalimantan Timur (Kaltim), H Rozani Erawadi, S.H., M.S.i., saat memberikan sambutan pada Pembukaan Pelatihan Keterampilan Berbasis Kompetensi UPTD BLKI di Kantor UPTD BLKI Balikpapan, pada hari Selasa (6/6/2023).

Ketika dikatakan mapan, UPTD BLKI Balikpapan tidak hanya memiliki peralatan dan sarana serta prasarana yang memadai. Selain itu, ekosistem yang sudah mulai dibangun juga termasuk penandatanganan MoU dengan kurang lebih 50 perusahaan.

“Ibaratnya, ada perusahaan-perusahaan yang datang untuk berkolaborasi. Kemarin, ada juga dari asosiasi perusahaan jasa pembuatan kapal tongkang yang ingin berkolaborasi dengan UPTD BLKI Balikpapan untuk menyiapkan tenaga welder khusus yang dapat membuat kapal-kapal di Samarinda,” terangnya.

Hal ini menunjukkan bahwa UPTD BLKI tidak hanya dikenal oleh masyarakat, tetapi juga oleh perusahaan-perusahaan. “Meskipun kami menghadapi keterbatasan, kami tetap berupaya memberikan pelayanan terbaik,” ucapnya.

Selain melakukan MoU, UPTD BLKI Balikpapan juga sedang berupaya untuk mendirikan LSPB II secara resmi. Meskipun tidak sepenuhnya, hal ini disebabkan oleh keterbatasan instruktur. “Sebenarnya, kami telah melaporkan hal ini kepada Sekjen Kemenaker. Kami berharap dapat bantuan untuk pemenuhannya,” ungkapnya.

Pelatihan yang diadakan oleh UPTD BLKI Balikpapan, termasuk yang saat ini sedang berlangsung, bertujuan untuk menyalurkan tenaga kerja ke dunia industri. “Dengan kolaborasi yang baik antara UPTD BLKI Balikpapan dan dunia industri Balikpapan, kami berharap tenaga kerja dapat terserap dengan baik,” ujarnya.

Rozani berharap UPTD BLKI di Provinsi Kaltim terus mendapat dukungan baik dari segi pembiayaan, sarana dan prasarana, maupun perencanaan dari Pemerintah Provinsi Kaltim.

Baca Juga :  PKS Calonkan Mantan Sekda Balikpapan Sebagai Wakil Walikota Balikpapan   

“Kami akan menyiapkan UPTD ini sebagai salah satu Badan Layanan Umum Daerah (BLUD) di Pemerintah Provinsi Kaltim secara administratif,” jelasnya.

Hal ini disebabkan oleh adanya penandatanganan 48 MoU yang telah dilakukan. Pelayanan terhadap perusahaan dengan menggunakan mekanisme APBD harus dilakukan melalui BLUD, sehingga layanan kepada warga melalui pelatihan berbasis kompetensi dapat menggunakan dana APBD, sementara kerjasama dengan industri menggunakan BLUD.

“Kami berharap paling lambat pada tahun 2025, BLUD dapat diresmikan. Semoga hal ini menjadi kenangan terbaik bagi kita, Pemerintah Provinsi Kaltim, dan juga mendukung pembangunan Sumber Daya Manusia yang berkualitas dan berdaya saing, terutama perempuan, pemuda, dan penyandang disabilitas,” pungkasnya.

Simak berita dan artikel BorneoFlash lainnya di  Google News

banner 700x135

No More Posts Available.

No more pages to load.