Kloter Pertama, Keberangkatan 299 Jemaah Haji Kota Balikpapan Dilepas Wali Kota Balikpapan 

oleh -
Penulis: Niken Sulastri
Editor: Ardiansyah
Wali Kota Balikpapan saat melepas keberangkatan jemaah haji Kota Balikpapan di Masjid Madinatul Iman Islamic Center, pada hari Kamis (25/5/2023).
Wali Kota Balikpapan saat melepas keberangkatan jemaah haji Kota Balikpapan di Masjid Madinatul Iman Islamic Center, pada hari Kamis (25/5/2023). Foto: Niken/BorneoFlash.com

BorneoFlash.com, BALIKPAPAN – Sebanyak 299 jamaah haji Kota Balikpapan siap berangkat ke tanah suci Makkah, pada hari Jumat (25/5/2023) sekitar pukul 22.00 WITA dari Bandara SAMS Sepinggan Balikpapan dengan menggunakan pesawat Garuda Indonesia.

Jamaah haji yang akan berangkat merupakan Kelompok Terbang (Kloter) pertama dari Kota Balikpapan dan semua warga Kota Balikpapan. Dari 299 jamaah terdapat jamaah lansia dan disabilitas sebanyak 101 orang, termasuk petugas kesehatan dan petugas ibadah berjumlah lima orang.

Keberangkatan ratusan jamaah haji Balikpapan dilepas langsung oleh Wali Kota Balikpapan H Rahmad Mas’ud didampingi Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Balikpapan, H Johan Marpaung, di Masjid Madinatul Iman Islamic Center, pada hari Kamis (25/5/2023) yang ditandai dengan penyematan rompi bertuliskan Jamaah Haji Kota Balikpapan 2023 M/1444 H.

Atas nama Pemerintah Kota Balikpapan dan pribadi mengucapkan selamat kepada bapak ibu untuk menjalankan ibadah haji. “Jaga kondisi, jaga kesehatan kita, karena yang lebih tahu kondisi kita adalah diri kita sendiri. Bawa nama baik Indonesia khususnya Kota Balikpapan, beribadah yang baik,” jelasnya sebelum melepas keberangkatan jemaah haji Kota Balikpapan.

Jemaah Haji Kota Balikpapan Foto: Niken/BorneoFlash.com
Jemaah Haji Kota Balikpapan Foto: Niken/BorneoFlash.com

Sesama jamaah haji saling menjaga kebersamaan, saling membantu. Apabila ada jamaah yang mempunyai sesuatu lebih, dapat memberikan kepada jemaah yang kekurangan. Itu semua adalah sedekah, karena sedekah di tanah suci lebih banyak pahalanya.

“Semoga jemaah Haji Indonesia asal Kota Balikpapan selamat sampai tujuan, pulang dengan selamat dan menjadi Haji Mabrur,” ujarnya.

Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Balikpapan, H Johan Marpaung, menyampaikan Kota Balikpapan terdapat lima kloter. Nanti akan ada kloter berikutnya. Untuk Balikpapan keseluruhan 531 jamaah haji yang terbagi lima kloter, yang saat ini utuh (warga Balikpapan) sisanya gabung dengan Kabupaten Kota lain.

Johan berharap para jemaah haji diberikan kemudahan dalam menjalankan ibadah di tanah suci Makkah, termasuk diberikan kesehatan. “Semoga semua jemaah haji disana kompak dan kembali ke tanah air dalam keadaan sehat semua  dan menjadi haji yang mabrur,” ucapnya.

Baca Juga :  KIDECO Raih PROPER Emas, Penghargaan Ke Sembilan Sejak 2011
Wali Kota Balikpapan saat melepas keberangkatan jemaah haji Kota Balikpapan di Masjid Madinatul Iman Islamic Center, pada hari Kamis (25/5/2023).
Wali Kota Balikpapan saat melepas keberangkatan jemaah haji Kota Balikpapan di Masjid Madinatul Iman Islamic Center, pada hari Kamis (25/5/2023).

Seorang jemaah haji  Kota Balikpapan Asrina Tahir mengatakan, sejak tahun 2018 sudah mendaftar haji dan saat ini baru diberikan kesempatan untuk berangkat ke tanah suci Makkah. “Saya bahagia dan sangat terharu bisa berangkat haji,” terang wanita berusia 88 tahun didampingi anak perempuan yang berusia 68 tahun.

Persiapan yang dilakukan menjaga makanan, berolahraga agar tetap sehat. Meskipun, ia juga membawa bekal obat-obatan untuk perjalanan melakukan ibadah haji.

Simak berita dan artikel BorneoFlash lainnya di  Google News

banner 700x135

No More Posts Available.

No more pages to load.