Arus Mudik di Terminal Batu Ampar Meningkat, Paling Banyak Tujuan Banjarmasin

oleh -
Penulis: Niken Sulastri
Editor: Ardiansyah
Situasi pemudik di Terminal Batu Ampar Balikpapan. Foto: BorneoFlash.com/Niken Sulastri.
Situasi pemudik di Terminal Batu Ampar Balikpapan. Foto: BorneoFlash.com/Niken Sulastri.

BorneoFlash.com, BALIKPAPAN – Tahun ini arus mudik di Terminal Batu Ampar mengalami peningkatan dari tahun sebelumnya. 

Apalagi Terminal Batu Ampar siap melayani pemudik dari Samarinda-Balikpapan, Balikpapan-Samarinda dan Banjarmasin-Balikpapan termasuk Balikpapan-Banjarmasin. 

Khususnya di lintasan Kalimantan Timur (Kaltim)-Kalimantan Selatan (Kalsel) yang Antar Kota Dalam Provinsi (AKDP) Balikpapan-Samarinda. “Untuk kenaikannya sendiri, di H-6 dan H-5 itu sudah ada kenaikan,” jelas Koordinator Satuan Pelayanan Terminal Type A Batu Ampar, Sulis setyawan, Kamis (20/4/2023).

Kenaikan kedatangan AKDP sekitar 280 persen dan untuk keberangkatannya sekitar 200 persen. Sedangkan jumlah kenaikan penumpang diperkirakan sekitar 15 sampai 20 orang.

Adapun tujuan yang paling banyak keberangkatannya ke wilayah Banjarmasin Kalimantan Selatan dan untuk yang kedatangannya dari AKDP yakni dari Samarinda ke Balikpapan. “Trayek kita di terminal sendiri dari Balikpapan-Banjarmasin, Banjarmasin-Balikpapan,” ucapnya.

Untuk armada yang siap guna operasi antar kota antar provinsi sekitar 30 unit dan untuk AKDP sekitar 90 unit.

“Guna operasi juga semua sudah dilakukan ramp check dan besok kita ada pemeriksaan juga, untuk petugas mengemudi dan pedagang kios. Hal ini untuk memastikan kenyamanan, keselamatan sebagai para pemudik. Kita melayani, memberikan kenyamanan dan keselamatan bagi para pemudik,” paparnya.

Perkiraan puncak arus mudik pada tanggal 19 April 2023, tetapi jika melihat H-5 itu sudah mulai naik, mungkin masyarakat sudah berangsur memilih mudik di awal liburan. Untuk arus balik diperkirakan H-4 dan H-5.

“Lonjakan penumpang dengan armada sudah sesuai kalau di Kaltim, berbeda dengan daerah Jawa, penumpang sampai melebihi kapasitas armada yang ada,” ujarnya.

Koordinator Satuan Pelayanan Terminal Type A Batu Ampar, Sulis setyawan. Foto: BorneoFlash.com/Niken Sulastri.
Koordinator Satuan Pelayanan Terminal Type A Batu Ampar, Sulis setyawan. Foto: BorneoFlash.com/Niken Sulastri.

Ia mengimbau kepada masyarakat yang akan mudik melalui terminal batu ampar, agar tidak membawa barang secara berlebihan, serta tetap menjaga kesehatan dalam melakukan perjalanan mudik. “Hingga saat ini kondisi aman,” ungkapnya.

Baca Juga :  Zodiak Hari Ini Rabu 15 September 2021, CANCER Pekerjaan Sudah Terasa Lebih Ringan Hari Ini

Terminal Batu Ampar menyediakan fasilitas seperti ruang laktasi, ruang ibu dan anak, ruang pojok kanan, ruang baca. Ini untuk membuat para pemudik lebih nyaman, lebih enak dalam perjalanan melalui terminal Batu Ampar. Untuk kesediaan makanan juga disiapkan untuk para pemudik.

banner 700x135

No More Posts Available.

No more pages to load.