Selain Wajib bagi Umat Muslim, Ini 6 Fakta Menurut Sains bahwa Puasa Terbukti Baik untuk Kesehatan 

oleh -
Penulis: Redaksi
Editor: Ardiansyah
Puasa telah terbukti memiliki banyak manfaat kesehatan, mulai dari peningkatan penurunan berat badan hingga fungsi otak yang lebih baik. Foto: katadata.
Puasa telah terbukti memiliki banyak manfaat kesehatan, mulai dari peningkatan penurunan berat badan hingga fungsi otak yang lebih baik. Foto: katadata.
  1. Dapat meningkatkan fungsi otak dan mencegah gangguan neurodegeneratif

Meskipun penelitian sebagian besar terbatas pada penelitian hewan, beberapa penelitian telah menemukan bahwa puasa memiliki efek yang kuat pada kesehatan otak. Karena puasa juga dapat membantu meredakan peradangan, puasa juga dapat membantu mencegah gangguan neurodegeneratif. 

Secara khusus, penelitian pada hewan menunjukkan bahwa puasa dapat melindungi dan meningkatkan hasil untuk kondisi seperti penyakit Alzheimer dan Parkinson.

  1. Membantu penurunan berat badan dengan membatasi asupan kalori dan meningkatkan metabolisme

Secara teoritis, menjauhkan diri dari semua atau makanan dan minuman tertentu akan menurunkan asupan kalori Anda secara keseluruhan, yang dapat menyebabkan peningkatan penurunan berat badan seiring waktu.

  1. Meningkatkan sekresi hormon pertumbuhan, yang penting untuk pertumbuhan, metabolisme, penurunan berat badan, dan kekuatan otot

Hormon pertumbuhan manusia (HGH) adalah sejenis hormon protein yang penting bagi banyak aspek kesehatan Anda. Faktanya, penelitian menunjukkan bahwa hormon kunci ini terlibat dalam metabolisme, penurunan berat badan, dan pertumbuhan otot.

Beberapa penelitian telah menemukan bahwa puasa secara alami dapat meningkatkan kadar HGH. Satu studi pada 11 orang dewasa sehat menunjukkan bahwa puasa selama 24 jam secara signifikan meningkatkan kadar HGH.

Selamat menunaikan ibadah puasa Ramadhan 1444 H/2023 M.

Simak berita dan artikel BorneoFlash lainnya di  Google News

banner 700x135

No More Posts Available.

No more pages to load.