Kapan Malam Lailatul Qadar Ramadhan 2023? Berikut Penjelasannya

oleh -
Penulis: Redaksi
Editor: Ardiansyah
Selain cahaya bulan, udara pada malam terjadinya lailatul qadar pun membawa suasana sejuk dan damai. Udaranya tidak panas dan juga tidak juga dingin.Foto: IST/Dok/Grid
Selain cahaya bulan, udara pada malam terjadinya lailatul qadar pun membawa suasana sejuk dan damai. Udaranya tidak panas dan juga tidak juga dingin.Foto: IST/Dok/Grid

BorneoFlash.com – Salah satu keutamaan yang paling dinantikan umat Islam di bulan Ramadhan adalah malam Lailatul Qadar. Lantas kapan malam lailatul qadar terjadi?

Mengutip dari laman NU Online, malam lailatul qadar adalah malam yang penuh berkah dan sering disebut sebagai malam beribu bulan. Pada malam inilah pertama kali Al-Quran diturunkan.

Allah SWT berfirman;

إِنَّا أَنْزَلْنَاهُ فِي لَيْلَةِ الْقَدْرِ، وَمَا أَدْرَاكَ مَا لَيْلَةُ الْقَدْرِ, لَيْلَةُ الْقَدْرِ خَيْرٌ مِنْ أَلْفِ شَهْرٍ، تَنَزَّلُ الْمَلَائِكَةُ وَالرُّوحُ فِيهَا بِإِذْنِ رَبِّهِمْ مِنْ كُلِّ أَمْرٍ، سَلَامٌ هِيَ حَتَّىٰ مَطْلَعِ الْفَجْرِ

Artinya: “Sesungguhnya Kami telah menurunkannya (Al-Quran) pada malam kemuliaan. Dan tahukah kamu apakah malam kemuliaan itu? Malam kemuliaan itu lebih baik dari seribu bulan. Pada malam itu turun malaikat-malaikat dan malaikat Jibril dengan izin Tuhannya untuk mengatur segala urusan. Malam itu (penuh) kesejahteraan sampai terbit fajar. (Q.S. al-Qadr [97]: 1-5)

Karena itu, umat Islam dianjurkan untuk memperbanyak amalan dan doa untuk mendapatkan kemuliaan dari malam ini.

Kapan Malam Lailatul Qadar 2023?

Terkait waktu kapan malam lailatul qadar ini terjadi, Rasulullah SAW tidak pernah menjelaskan secara pasti. Karena itu terdapat perbedaan argumen di kalangan para ulama akan hal ini.

Dikutip dari laman Majelis Ulama Indonesia (MUI Digital), setidaknya terdapat sekitar 40 pendapat ulama mengenai kapan waktu terjadinya lailatul qadar ini. Namun pendapat yang populer adalah pada waktu 10 malam terakhir bulan Ramadhan.

Hal ini sebagaimana dijelaskan dalam hadits Rasulullah SAW yang diriwayatkan oleh Imam Bukhari:

عن عائشةَ رضِيَ اللهُ عنها أنَّ رسولَ الله صلَّى الله عليه وسلَّمَ قال: ((تَحرُّوا لَيلةَ القَدْرِ في الوَتْر من العَشرِ الأواخِرِ من رمضانَ) رواه البخاريُّ )

Baca Juga :  Warga Mengungsi, Pemkot Berikan Bantuan Sewa Rumah 

Artinya: “Dari Aisyah ra. Sesungguhnya Rasulullah SAW bersabda: bersungguh-sungguhlah kamu beribadah pada malam Qadar yaitu pada malam-malam ganjil sepuluh hari terakhir bulan Ramadhan.” (HR. Bukhari).

Demikian juga disebutkan dalam hadis lain dari Imam At-Tirmidzi:

“Diriwayatkan dari Nabi SAW bahwa Lailatul Qadar adalah malam ke dua puluh satu, dua puluh tiga, dua puluh lima, dua puluh tujuh dan malam ke dua puluh sembilan dari bulan Ramadhan.” (HR. Al-Tirmidzi).

Karena itu menurut Ibnu Hajar Al-Asqalani, salah satu ulama hadits terkemuka dari mazhab Syafi’i dalam kitab Fathul Bari menyebutkan bahwa pendapat 10 malam terakhir bulan Ramadhan adalah yang paling unggul.

Ibnu Hajar mengatakan tanggal potensial terjadinya lailatul yaitu pada tanggal 21 dan 23 Ramadhan. Sementara sebagian ulama lain berpendapat pada malam tanggal 27 Ramadhan.

banner 700x135

No More Posts Available.

No more pages to load.