Wisata Nui Sae di Long Gelang, Hadirkan Pesona Alam yang Menakjubkan

oleh -
Penulis: Sarrassani
Editor: Ardiansyah
Puncak bukit Nui Sae, objek wisata yang berada di Desa Long Gelang, Kecamatan Long Ikis, Kabupaten Paser, Kalimantan Timur. Foto: Tangkap layar Ibonks Channel
Puncak bukit Nui Sae, objek wisata yang berada di Desa Long Gelang, Kecamatan Long Ikis, Kabupaten Paser, Kalimantan Timur. Foto: Tangkap layar Ibonks Channel

Sedangkan ulasan Lesna Christwinarso lebih panjang dan informatif. Terhadap pemandangan alamnya, Lesna hanya menyebutkan dua kata, yakni absolutely breathtaking.

 

Dua kata tersebut mewakili perasaan takjub Lesna terhadap keindahan alam sekitar bukit Nui Sae. 

 

Ada pun ulasan Yanuar Aditya seperti kalimat pamungkas dari ulasan-ulasan sebelumnya. Yanuar Aditya menyebutkan Nui Sae adalah salah satu rekomendasi wisata alam di Kaltim.

 

Sementara itu, Mantan Kepala Desa Long Gelang, Salmin mengatakan objek wisata Nui Sae memang berbatasan dengan objek wisata Tunde Nui di Desa Brewe, sebab Desa Long Gelang bertetangga dengan Desa Brewe.

 

Oleh karena itu, lanjut Salmin, kedua objek wisata sama-sama memanfaatkan area pegunungan eks tambang nikel PT Telen Indoclay yang sudah lama tak beroperasi.

 

“Di puncak Nui Sae, wisatawan bisa menikmati panorama alam yang sangat indah. Jika di pagi hari awan tebal disertai tetesan embun pun dapat langsung terasa di kulit pengunjung,” kata Salmin, Selasa (21/3/2023). 

 

Dari ketinggian itu juga, kata Salmin, wisatawan bisa melihat dengan jelas Gunung Lumut atau surga Lumut Dunia, Bekantan dan Owa-owa.

 

“Jadi wisata alam ini benar-benar menyajikan suasana alam yang benar-benar asri dan nyaman,” ucapnya.

 

Berbekal itu Pemerintah Desa semasa ia Menjabat telah menyiapkan area berkemah, pendopo, dan juga toilet gratis sejak 2018 lalu dan benar-benar beroperasi pada 29 Juni 2022. Meski tergolong baru telah ada 900 orang berkunjung baik dalam maupun luar Paser.

 

Pada pagi hari, satwa liar dilindungi seperti Burung Enggang beterbangan di puncak Nui Sae. 

 

Salmin berharap dengan potensi yang dimiliki objek wisata ini, Pemkab Paser dapat memberikan perhatian lebih untuk peningkatan sarana dan prasarana yang ada. (Adv/Aas)

Simak berita dan artikel BorneoFlash lainnya di  Google News

banner 700x135

No More Posts Available.

No more pages to load.