Memaksimalkan Potensi Karyawan dengan Aplikasi SIMONA: Pelatihan Analisis Jabatan dan Beban Kerja di Kabupaten Paser

oleh -
Penulis: Sarrassani
Editor: Ardiansyah
Pelatihan Aplikasi Sistem Monitoring Evaluasi Analisis Jabatan (SIMONA) di Ruang Meeting Lt 8 Grand Jatra Hotel Balikpapan, Sabtu (11/3/2023).
Pelatihan Aplikasi Sistem Monitoring Evaluasi Analisis Jabatan (SIMONA) di Ruang Meeting Lt 8 Grand Jatra Hotel Balikpapan, Sabtu (11/3/2023).

BorneoFlash.com, BALIKPAPAN – Pelatihan Aplikasi Sistem Monitoring Evaluasi Analisis Jabatan (SIMONA) di Ruang Meeting Lt 8 Grand Jatra Hotel Balikpapan, Sabtu (11/3/2023).

dibuka oleh Sekretaris Daerah Katsul Wijaya, didampingi oleh Asisten Administrasi Umum Murharyanto dan Kabag Organisasi Arief Mediastomo. Menurut Sekda Katsul, setiap daerah wajib menindaklanjuti Surat Kemendagri No 062/4536/SY tanggal 10 Agustus 2022 yang mengamanatkan untuk ikut data analisis jabatan dan analisis beban kerja pada aplikasi SIMONA pada Permendagri.go.id.

Aplikasi SIMONA tahun 2023 menjadi bagian penting penyerapan tambahan penghasilan pegawai yang terkait instrumen pegawai. Sekda Katsul menambahkan bahwa aparatur sipil negara harus memahami aplikasi tersebut, terutama bagi sub-bagian yang mengurus kepegawaian di setiap perangkat daerah. SIMONA memainkan peran penting dalam menilai pegawai yang terkait instrumen formasi, dengan analisis jabatan yang berkontribusi efektif untuk menilai pegawai.

Asisten Administrasi Umum Murharyanto mengatakan bahwa pelatihan SIMONA bukan pekerjaan yang mudah. Ada sekitar 4000 Aparatur Sipil Negara di Kabupaten Paser yang perlu dilakukan penyesuaian data sebelum penyesuaian Analisis Beban Kerja (ABK).

Sementara itu, Kabag Organisasi Arief Mediastomo mengatakan bahwa pelatihan SIMONA merupakan upaya untuk mendukung pengusulan Tambahan Penghasilan Pegawai (TPP) agar berjalan sesuai dengan target.

” SIMONA menjadi bagian penting penyerapan tambahan penghasilan pegawai yang terkait instrumen pegawai. Dari formasi terlihat peta situasi untuk analisis jabatan beban kerja dan kebutuhan pegawai. Analisis jabatan berkontribusi efektif untuk menilai pegawai yang terkait instrumen formasi,” tambahnya.

Dengan adanya pelatihan SIMONA ini, diharapkan setiap daerah dapat memaksimalkan potensi pegawai dan meningkatkan kinerja pegawai dengan analisis jabatan, beban kerja, evaluasi jabatan, anggaran dan penerapan tambahan penghasilan pegawai. Pelatihan ini menjadi langkah penting untuk meningkatkan kualitas pelayanan publik di daerah.

Simak berita dan artikel BorneoFlash lainnya di  Google News

banner 700x135

No More Posts Available.

No more pages to load.