Pelajar SMP Negeri 8 Balikpapan Buat Pupuk Organik Cair dari Kulit Pisang

oleh -
Penulis: Niken Sulastri
Editor: Ardiansyah
Pelajar SMP Negeri 8 Balikpapan dibantu oleh guru saat membuat POC, dengan memotong kulit pisang. Foto: BorneoFlash.com/Ist.
Pelajar SMP Negeri 8 Balikpapan dibantu oleh guru saat membuat POC, dengan memotong kulit pisang. Foto: BorneoFlash.com/Ist.

BorneoFlash.com, BALIKPAPAN – Koordinator POKJA Kompos TIM Adiwiyata SMP Negeri 8 Balikpapan, Hj. Tri Puji Lestari mengajarkan kepada pelajar SMP Negeri 8 pengetahuan dan keterampilan baru, untuk membuat Pupuk Organik Cair (POC) sendiri.

Pupuk organik cair (POC) adalah pupuk yang tersedia dalam bentuk cair. POC dapat diartikan sebagai pupuk yang dibuat secara alami melalui proses fermentasi, sehingga menghasilkan larutan hasil pembusukan dari sisa tanaman maupun kotoran hewan. Hal ini sangat membantu, dikala harga pupuk kimia yang kian melambung harganya.

“Dengan membuat pupuk organik cair sendiri, mengajarkan kepada pelajar pengetahuan dan keterampilan baru yang dapat dimanfaatkan bagi mereka maupun siapa saja yang membutuhkan,” jelasnya, Selasa (24/1/2023). 

Bahan utama POC adalah berasal dari kulit pisang. Dalam kulit pisang terkandung nutrisi alami seperti nitrogen, fosfor,kalium, dan magnesium. Nutrisi tersebut akan mudah diserap oleh tanaman ketika sudah terurai, sehingga sangat cocok untuk dijadikan pupuk organik cair (POC). 

banner 700x135

No More Posts Available.

No more pages to load.