Perayaan Tahun Baru Cina di Klenteng Setya Dharma Balikpapan

oleh -
Penulis: Niken Sulastri
Editor: Ardiansyah
Perayaan Tahun Baru Cina di Klenteng Setya Dharma atau Guang De Miao Balikpapan, pada hari Minggu (22/1/2023). Foto: BorneoFlash.com/Niken Sulastri.
Perayaan Tahun Baru Cina di Klenteng Setya Dharma atau Guang De Miao Balikpapan, pada hari Minggu (22/1/2023). Foto: BorneoFlash.com/Niken Sulastri.

BorneoFlash.com, BALIKPAPAN – Tahun 2023, warga Tionghoa khususnya Kota Balikpapan merayakan pergantian Tahun Baru Cina dengan melaksanakan ibadah, di Klenteng Setya Dharma atau Guang De Miao Balikpapan, pada hari Minggu (22/1/2023).

Ketua Klenteng Setya Dharma Balikpapan, William Chandra mengatakan, ratusan warga datang ke klenteng untuk beribadah, di malam pergantian tahun baru cina. “Mereka datang dan ibadah, terus pulang. Silih berganti,” ujarnya kepada awak media.

Wiliam berekspektasi umat yang beribadah lebih banyak dari pada tahun sebelumnya. Meskipun, tahun ini  tidak ada pembatasan, tetapi tetap memberikan imbauan protokol kesehatan, agar tetap memakai masker.

 “Kalau estimasi bisa menampung hingga 300 orang. Ibadahnya tidak berjamaah, jadi jumlah umat yang hadir agar sulit dihitung,” ucapnya.

Rangkaian ibadah dimulai dengan berdoa kepada Tuhan Yang Maha Esa, dilanjutkan kepada para dewa dan leluhur. Bagi umat Tionghoa khususnya di Balikpapan, ibadah ini dalam rangka memanjatkan rasa syukur.

“Kami ada barongsai. Barongsai adalah semacam tradisi umat Tionghoa untuk membuang sial dan mengundang rezeki,” terangnya.

banner 700x135

No More Posts Available.

No more pages to load.