Hetifah Sjaifudian: Guru Sebagai Ujung Tombak Cetak SDM Handal

oleh -
Penulis: Niken Sulastri
Editor: Ardiansyah
Wakil Ketua Komisi X DPR RI Hetifah Sjaifudian. Foto: BorneoFlash.com/Niken Sulastri.
Wakil Ketua Komisi X DPR RI Hetifah Sjaifudian. Foto: BorneoFlash.com/Niken Sulastri.

BorneoFlash.com, BALIKPAPAN – Pembangunan Ibu Kota Negara (IKN) di wilayah Kalimantan Timur (Kaltim) menjadi peluang tersendiri bagi masyarakat di daerah. Tentunya, peluang tersebut dimanfaatkan untuk penguatan kompetensi Sumber Daya Manusia (SDM). 

Salah satu yang merupakan ujung tombak dalam mencetak SDM yang unggul agar mampu bersaing, dalam menangkap peluang yang tersaji dengan keberadaan IKN, yakni tenaga pengajar di sekolah.

Wakil Ketua Komisi X DPR RI Hetifah Sjaifudian mengatakan Balikpapan merupakan salah satu kota yang menjadi round model. Pasalnya, saat ini sedang banyak transformasi yang sedang terjadi. 

Bukan hanya memiliki bonus demografi saja tetapi juga dengan pemindahan IKN, sehingga Kota Balikpapan menjadi kota yang paling menerima bonus transisi IKN. 

“Akan ada banyak ribuan kesempatan kerja yang terbuka, tapi disisi lain kita memang harus mengantisipasi juga sebenarnya ke depan yang diperlukan apa saja. Bukan hanya jangka pendek,” ujarnya kepada awak media, di Hotel Novotel Balikpapan, Kamis (1/12/2022).

Untuk itu, peluang harus dipersiapkan mulai dari sekarang, termasuk dari tingkat PAUD, karena nanti anak-anak tersebut yang akan menjadi pemimpin di masa akan datang, sehingga semangat pada semua sekolah mulai PAUD perguruan tinggi, terus gencarkan.

Saat ini pentingnya terus memberikan forum-forum kepada kepala sekolah dan guru. “Supaya kita merasakan gitu. Apa ada sense urgensiuntuk melakukan perubahan, baik dari sisi metode pembelajaran kurikulum dan yang paling penting adalah gurunya. Kurikulumnya berubah juga kalau gurunya nggak siap berubah, akan sangat sulit dilaksanakan,” terangnya.

banner 700x135

No More Posts Available.

No more pages to load.