Upaya Dinkes Mahulu Cegah Penyebaran DBD 

oleh -
Editor: Ardiansyah
Dinas Kesehatan, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (Dinkes P2KB) Kabupaten Mahakam Ulu Cegah Penyebaran DBD Laksanakan Fogging di wilayah Kecamatan Long Bagun. Foto: HO.
Dinas Kesehatan, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (Dinkes P2KB) Kabupaten Mahakam Ulu Cegah Penyebaran DBD Laksanakan Fogging di wilayah Kecamatan Long Bagun. Foto: HO.

BorneoFlash.com, UJOH BILANG – Kasus Demam Berdarah Dengue (DBD) di Kabupaten Mahakam Ulu (Mahulu) menunjukan yang cukup signifikan dalam tiga bulan terakhir. 

Sesuai data di Dinas Kesehatan, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (Dinkes P2KB) per akhir Oktober 2022 tercatat ada 111 kasus. Dengan angka korban (pasien) meninggal dunia ada 3 orang.

Plt Kepala Dinkes P2KB Mahulu Petronela Tugan, Rabu (23/11/2022) mengatakan, peningkatan yang cukup signifikan terjadi sejak Agustus hingga Oktober 2022. Sebelumnya, pada periode Januari hingga Agustus tercatat ada 80 kasus. 

Dibandingkan tahun sebelumnya, kata Petronela, terjadi peningkatan yang signifikan. Yaitu 3 kali lipat lebih. Di mana diketahui pada 2021 lalu, hanya ada 35 kasus DBD di Mahulu. Dengan demikian, bisa dikategorikan Mahulu dengan status Kejadian Luar Biasa (KLB) DBD.

“Sebuah kasus dikatakan KLB kalau terjadi peningkatan dua kali lipat. Sementara ini, di Mahulu 3 kali lipat lebih. Hanya saja, untuk sementara kita masih terapkan status siaga,” kata Petronela.

Berbagai langkah pun dilakukan oleh Dinkes P2KB Mahulu untuk mencegah penyebaran DBD semakin meluas, dan mencegah semakin bertambahnya korban. 

“Untuk saat ini focus penanganan kita di wilayah Kecamatan Long Bagun. Meski di wilayah-wilayah lainnya, juga tetap kita lakukan upaya pencegahan,” ujarnya lagi.

Salah satu yang dilakukan oleh Dinkes P2KB, kata dia, adalah dengan terus mengedukasi dan memberi imbauan ke masyarakat untuk mengantisipasi meluasnya wabah DBD. 

“Beberapa upaya yang kita lakukan, antara lain melakukan PSN (pemberantasan sarang nyamuk). 

banner 700x135

No More Posts Available.

No more pages to load.