Dukung Pembangunan Ekonomi Hijau, IKN Nusantara Jalin Kerja Sama dengan Hyundai dan LG

oleh -
Penulis: Niken Sulastri
Editor: Ardiansyah
Penandatanganan MoU Hyundai Motor Company dan LG CNS pada acara KTT B20 di Bali Nusa Dua Convention Center, pada hari Senin (14/11/2022). Foto: BorneoFlash.com/Ist.
Penandatanganan MoU Hyundai Motor Company dan LG CNS pada acara KTT B20 di Bali Nusa Dua Convention Center, pada hari Senin (14/11/2022). Foto: BorneoFlash.com/Ist.

BorneoFlash.com, DENPASAR – Otorita Ibu Kota (IKN) Nusantara telah menandatangani Memorandum of Understanding (MoU) dengan Hyundai Motor Company dan LG CNS pada acara KTT B20 di Bali Nusa Dua Convention Center, pada hari Senin (14/11/2022).

Terdapat dua MoU yang ditandatangani oleh Kepala Otorita IKN Bambang Susantono. Pertama, dengan President Advanced Air Mobility Division, Hyundai Motor Company Jaiwon Shin terkait realisasi Advanced Air Mobility (AAM). Kedua, dengan CEO LG CNS Young Shub Kim tentang kolaborasi kota cerdas Nusantara.

Dalam kutipan yang diterima pada hari Rabu (16/11/2022), Deputi Bidang Transformasi Hijau dan Digital, Otorita Ibu Kota Nusantara Mohammed Ali Berawi, mengatakan kolaborasi antara Otorita IKN dengan Hyundai dan LG merupakan wujud komitmen, untuk menjadikan IKN Nusantara sebagai pusat inovasi dan teknologi yang menarik pengembangan bisnis dan ekonomi hijau di Indonesia.

“MoU dengan Hyundai akan memperkuat kerja sama dan pertukaran gagasan dalam pengembangan AAM untuk mendukung pembangunan ekonomi hijau di IKN,” ujarnya.

Melalui kerja sama ini Otorita IKN ingin meningkatkan konektivitas sistem transportasi perkotaan dan memilih solusi mobilitas multimoda yang inovatif.

Sebagai bagian dari kerja sama tersebut, Hyundai juga akan mendirikan pusat Research and Development AAM di IKN Nusantara sebagai bentuk peningkatan riset teknologi di Indonesia dan menjadikan IKN sebagai pusat pengembangan industri AAM di regional Asia Tenggara.

Mohammed Ali Berawi mengungkapkan, bahwa awal tahun 2023 Hyundai akan mulai membuat peta jalan pengembangan AAM dan perencanaan Proof of Concept (PoC) dalam bidang Urban Air Mobility (UAM) dan Regional Air Mobility (RAM) serta ekosistemnya. 

Sementara dengan LG CNS, Otorita IKN akan bekerja sama untuk pengembangan konsep kota cerdas di IKN Nusantara, untuk mendukung pembangunan ekonomi hijau di Indonesia, khususnya di IKN Nusantara. LG Group akan menyediakan dan berpartisipasi dalam memberi solusi implementasi kota cerdas.

Penandatanganan MoU kemudian dilanjutkan dengan pelaporan langsung kepada Presiden Republik Indonesia dan Presiden Korea Selatan pada acara puncak B20 Summit.

banner 700x135

No More Posts Available.

No more pages to load.