Cek Tagihan & Pajak Kendaraan Bermotor Anda di Kalimantan Timur, Link Berikut

oleh -
Penulis: Fuad Azhary R
Editor: Ardiansyah
Simpator Sistem Informasi Monitoring Pajak Kendaraan Bermotor
Simpator Sistem Informasi Monitoring Pajak Kendaraan Bermotor

BorneoFlash.com, BALIKPAPAN – Cek Tagihan & Pajak Kendaraan Bermotor Anda di Kalimantan Timur, Pemerintah Provinsi memperkenalkan Aplikasi layanan pajak berbasis online.

Sistem Informasi Monitoring Pajak Kendaraan Bermotor (SimPaTor) adalah Aplikasi layanan pajak berbasis online untuk memudahkan masyarakat Kalimantan Timur dalam mengakses layanan layanan Samsat, Dispenda, dan Bapenda Kaltim. Dengan adanya layanan ini, masyarakat lebih mudah dalam melakukan pengecekan pajak kendaraan, serta pembayaran pajak.

Dikutip dari laman resmi Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur, SimPaTor ini diresmikan pada 2019 lalu oleh Gubernur Kaltim Dr H Isran Noor bersama Wagub Kaltim H Hadi Mulyadi, Plt Sekprov Kaltim Dr Hj Meiliana, Ketua DPRD Kaltim HM Syahrun HS, Kapolda Kaltim Irjen Pol Priyo Widyanto dan Kepala Bapenda Kaltim Hj Ismiati.

Demi memudahkan para wajib pajak (WP) melaksanakan kewajiban membayarkan Pajak Kendaraan Bermotor (PKB).

Bapenda Provinsi Kalimantan timur menyediakan 9 Kantor Sistem Administrasi Manunggal Satu Atap (Samsat) Induk dan Samsat Pembantu yang tersebar di Samarinda, Balikpapan, Kutai Kartanegara (Kukar), Kutai Timur (Kutim), Kutai Barat (Kubar), Bontang, Paser, Penajam Paser Utara (PPU), dan Berau.

Menyadari tantangan geografis Kaltim yang begitu luas, Bapenda juga menghadirkan layanan Samsat yang membantu masyarakat hingga di wilayah pelosok.

Di antaranya Samsat Desa, Samsat Terapung, dan Samsat Jelajah. Samsat Desa tersedia di Kukar, Bontang, dan Paser. Samsat Jelajah terdapat di Kukar dan Kutim. Sementara itu, Samsat Terapung terdapat di Kubar.

  • Melalui Website

Simpator
Tangkapan Layar Simpator

Untuk pengecekan lewat website sendiri sangatlah mudah, Anda tinggal buka link http://simpator.kaltimprov.go.id/cari.php lalu menuju ke Kanal Info Pajak Kendaraan, isi kode plat kendaraan Anda. Lalu masukan nomor pelat yaitu angka pada plat nomornya, selanjutnya masukan dua huruf terakhir pada plat kendaraan. Selanjutnya pilih warna TNKB kendaraan Anda. Lalu masukkan Captcha dan klik “cari”

Kemudian akan muncul info dan besaran nominal yang harus anda bayar. Halaman ini akan menyajikan info kendaraan seperti: Merk, model, tahun, warna, No. rangka dan No. mesin. Info pajak kendaraan dan PNBP dengan rincian: PKB POK, PKB DEN, SWDKLLJ POK, SWDKLLJ DEN, PNBP STNK, PNBP TNKB dan Total yang harus dibayarkan dilengkapi dengan tanggal pajak dan tanggal STNK serta keterangan lainnya.

  • Melalui Aplikasi

Selain melalui website e-samsat, Anda juga bisa memanfaatkan aplikasi “Cek Pajak Kendaraan Kalimantan Timur” yang bisa Anda unduh di Playstore namun tidak tersedia di AppStore bagi Anda pengguna iOs.

Untuk caranya sendiri pada menu SimPaTor pilih Info PKB lalu isikan Nomor Polisi Kendaraan, klik Cari, dan akan tertera besaran pajak yang harus dibayarkan, selanjutnya klik “Lanjut Daftar Online”.

Isikan No. KTP Pemilik kendaraan dan 5 digit terakhir No. Rangka Kendaraan (No. Rangka bisa dilihat di lembar STNK), Lalu klik “Proses”

Setelah itu akan muncul informasi mengenai Merk, model, tahun, warna, No. rangka dan No. mesin.

Info pajak kendaraan dan PNBP dengan rincian; PKB POK, PKB DEN, SWDKLLJ POK, SWDKLLJ DEN, PNBP STNK, PNBP TNKB dan Total yang harus dibayarkan dilengkapi dengan tanggal pajak dan tanggal STNK serta keterangan lainnya.

Itulah informasi terkait SimPator Balikpapan. Perlu diingat, layanan ini tidak hanya bisa digunakan untuk warga Balikpapan saja, namun berlaku untuk seluruh warga Kalimantan Timur.

  • Melalui Samsat Corner

Selain melalui website e-samsat dan aplikasi, Samsat Corner merupakan salah satu perpanjangan tangan untuk masyarakat dalam membayarkan Pajak kendaraan bermotor 

untuk Memaksimalkan Pelayanan Samsat di pusat perbelanjaan yakni Samsat Corner. Layanan Samsat Corner tersedia di Samarinda dan Balikpapan.

Berikut Produk Layanan samsat saat ini yang tersedia untuk membantu masyarakat

  • 9 Kantor Samsat Induk

  • 4 Samsat Penuh

  • Samsat Pembantu

  • Samsat Drive Thru

  • Samsat Corner / Mall

  • Samsat Payment Point

  • Samsat Bus / Jelajah

  • Samsat Desa

  • Samsat Terapung

  • e-Samsat

banner 700x135

No More Posts Available.

No more pages to load.