Peringati HKGN Tahun 2022, PDGI Gelar Sikat Gigi Massal Secara Nasional   

oleh -
Penulis: Niken Sulastri
Editor: Ardiansyah
Kegiatan sikat gigi massal yang berlangsung di di SD Negeri 003 Balikpapan Kota, pada hari Senin (12/9/2022). Foto:BorneoFlash.com/Niken.
Kegiatan sikat gigi massal yang berlangsung di di SD Negeri 003 Balikpapan Kota, pada hari Senin (12/9/2022). Foto:BorneoFlash.com/Niken.

BorneoFlash.com, BALIKPAPANPersatuan Dokter Gigi Indonesia (PDGI) Kota Balikpapanbersama Pemerintah Kota Balikpapan dalam hal ini Dinas Kesehatan Kota (DKK) Balikpapan, menggelar sikat gigi massal serentak secara nasional dengan sasaran anak-anak sekolah mulai dari tingkat PAUD, TK dan Sekolah Dasar (SD).

Kegiatan yang dilaksanakan dalam peringatan Hari Kesehatan Gigi Nasional (HKGN) Tahun 2022 ini, salah satunya dilaksanakan di SD Negeri 003 Balikpapan Kota, pada hari Senin (12/9/2022).

Pada kegiatan tersebut, dihadiri Asisten II Perekonomian Pembangunan dan Kesejahteraan Rakyat Sekretariat Daerah Kota Balikpapan Agus Budi Prasetyo mewakili Wali Kota Balikpapan Rahmad Mas’ud, Kepala Dinkes Kota Balikpapan dr Andi Sri Juliarty, Ketua Persatuan Dokter Gigi Indonesia (PDGI) Cabang Balikpapan drg Muhammad Husdiari serta Bunda PAUD sekaligus Ketua TP PKK Kota Balikpapan Hj Nurlena Rahmad Mas’ud.

Ketua PDGI Cabang Kota Balikpapan drg Muhammad Husdiari mengatakan, kegiatan ini merupakan kegiatan nasional dalam rangka HKGN bersinergi dan kolaborasi bersama stakeholder dan juga organisasi profesi yang dalam hal ini yang diwakili oleh PDGI. 

Kegiatan ini juga berdasarkan data riset kesehatan dasar tahun 2018 bahwa proporsi kesehatan gigi masih mencapai angka 57 persen. Secara nasional, kesadaran masyarakat pada umumnya untuk memeriksakan ke dokter gigi hanya sebesar kurang lebih 10 persen.

“Angka masih sangat rendah. Secara nasional kebiasaan untuk menggosok gigi yang benar pun masih di angka 2,8 persen,” ungkapnya.

Untuk itu, pemerintah pusat dan PDGI pusat mengarahkan perwakilannya di seluruh daerah, untuk dapat meningkatkan dan mengedukasi kembali cara menggosok gigi yang baik dan benar yang dimulai sejak usia dini.

Oleh karena itu anak-anak dari PAUD, TK dan SD menjadi sasaran pada hari ini. Dari kebiasaan baik itu, berharap akan melahirkan budaya sehat yang diawali dengan sikat gigi yang baik dan benar. “Alhamdulillah menjadi hal spesial khusus di Kaltim yang dikolaborasi dengan BIAN,” ujarnya.

Simak berita dan artikel BorneoFlash lainnya di  Google News

banner 700x135

No More Posts Available.

No more pages to load.