Jam Olahraga Paling Efektif untuk Menurunkan Berat Badan  

oleh -
Jam Olahraga yang Baik untuk Menurunkan Berat Badan. Foto: HO/Ciputra Life.
Jam Olahraga yang Baik untuk Menurunkan Berat Badan. Foto: HO/Ciputra Life.

         2. Metabolisme tubuh lebih baik 

Melakukan olahraga di pagi hari juga terbukti bisa memperbaiki proses metabolisme yang terjadi di dalam tubuh. 

Hal ini dibuktikan dengan penelitian yang sama dengan poin sebelumnya. Hasil dari penelitian tersebut ternyata juga menunjukkan bahwa partisipan bisa melakukan kegiatan fisik yang lebih banyak daripada ketika tidak berolahraga di pagi hari. 

Dari kegiatan fisik tersebut juga ditemukan bahwa kalori terbakar lebih banyak karena metabolisme tubuh menjadi lebih baik. 

  1. Tidur lebih nyenyak 

Jika Anda mengalami kesulitan untuk tidur di malam hari, maka melakukan olahraga di pagi hari sangat disarankan. 

Para ahli dari Amerika melakukan penelitian mengenai hal ini dan sudah dimuat di dalam Jurnal Vascular Health and Risk Management di tahun 2014. 

Hasilnya menunjukkan bahwa partisipan yang melakukan olahraga pada jam 7 pagi memiliki kualitas tidur yang lebih baik jika dibandingkan dengan partisipan yang berolahraga pada jam 1 siang dan 7 malam. 

Hal ini disebabkan oleh perubahan detak jantung dan temperatur tubuh sehingga membuat olahraga yang dilakukan di siang atau malam hari bisa mengganggu kualitas tidur.

  1. Membakar lebih banyak kalori 

Anda disarankan untuk berolahraga di pagi hari untuk menurunkan berat badan karena ternyata kalori bisa dibakar lebih banyak.

Hal ini didukung oleh penelitian yang dilakukan oleh ahli dari Northumbria University di British Journal of Nutrition pada tahun 2013. Pada penelitian ini ditemukan bahwa lemak bisa dibakar dengan lebih baik ketika olahraga dilakukan di pagi hari sebelum sarapan.

(BorneoFlash.com/Berbagai Sumber)

banner 700x135