Hari Raya Idul Adha Sebentar Lagi, Berikut Tips Memilih Hewan Kurban Bebas PMK  

oleh -
Pemeriksaan hewan kurban di Tangerang untuk mencegah PMK jelang Hari Raya Idul Adha. Foto: ANTARA FOTO/FAUZAN.
Pemeriksaan hewan kurban di Tangerang untuk mencegah PMK jelang Hari Raya Idul Adha. Foto: ANTARA FOTO/FAUZAN.

BorneoFlash.com – Hari Raya Idul Adha 2022 kurang dari sebulan lagi. Masyarakat yang ingin berkurban diimbau agar meningkatkan kewaspadaan dan kejelian saat membeli hewan kurban agar terbebas dari penyakit mulut dan kuku (PMK).

“Kita bisa tidak perlu menunda (berkurban saat Idul Adha), yang penting hewan yang akan kita kurbankan dipastikan memang sudah memenuhi standar kesehatan,” kata Perencana Keuangan dari Advisors Alliance Group Indonesia, Andy Nugroho, dikutip BorneoFlash.com dari detikcom.

PMK memang meresahkan menjelang Idul Adha. Namun, PMK sejatinya tidak menular ke manusia sehingga daging dan susu yang dikonsumsi aman. Meski begitu, hewan kurban yang disembelih harus tetap sehat dan memenuhi syariat Islam.

Bagi kamu yang ingin berkurban, pastikan hewan yang dipilih dalam keadaan sehat. Kamu bisa bertanya kepada pedagangnya atau membawa orang ahli saat membeli, untuk memastikan hewan tersebut layak untuk dikurbankan.

“Pastikan atau tanya ke pedagangnya bahwa hewan ini memang sudah memenuhi syarat untuk kesehatan, secara kesehatan layak untuk dikurbankan. Jadi kita juga jangan asal membeli saja,” tuturnya.

Tips Memilih Hewan Kurban saat Idul Adha

Direktur Pusat Kajian Halal Fakultas Peternakan Universitas Gadjah Mada (UGM) Nanung Danar Dono memberi tips memilih hewan kurban di tengah wabah PMK saat Idul Adha. Berikut tipsnya:

  1. Beli hewan kurban dari pedagang besar

Pedagang besar yang memiliki banyak hewan ternak disebut cenderung akan sangat menjaga kesehatan ternaknya. “Agar tidak sampai tertular penyakit karena akan mengakibatkan kerugian yang cukup besar,” terang Nanung.

  1. Pilih pedagang yang mau beri garansi

Tips selanjutnya yakni membeli hewan kurban pada pedagang yang mau memberi jaminan atau garansi. Dengan begitu jika ternak yang dibeli nantinya menunjukkan gejala sakit, mereka bersedia untuk mengganti dengan ternak lain yang sehat.

  1. Beli hewan kurban mendekati hari Idul Adha

Nanung menilai dengan membeli hewan kurban mendekati Idul Adha atau penyembelihan, akan meminimalisir risiko hewan kurban tertular penyakit.

banner 700x135