Menarik Perhatian, Paduan Suara SD Patra Dharma 1 Balikpapan Tampil Pada Upacara Hardiknas 

oleh -

BorneoFlash.com, BALIKPAPAN – Upacara peringatan Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) di Kota Balikpapan menghadirkan tim paduan suara dari Sekolah Dasar (SD) Patra Dharma 1 Balikpapan.

Tim paduan suara yang beranggotakan siswi kelas 3-6 tak diragukan lagi kemampuan bernyanyinya. Prestasi yang diraih baik di tingkat Daerah maupun Nasional telah mengharumkan nama sekolah yang beralamatkan di Jalan Klamono Kelurahan Muara Rapak Kecamatan Balikpapan Utara.

Kepala Sekolah Patra Dharma 1 Balikpapan Sudjito mengatakan, anak didiknya memang sering mendapatkan penghargaan baik tingkat daerah maupun nasional. Bahkan, paduan suara yang berdiri sejak tahun 2005 akan tampil di luar negeri. Dikarenakan, adanya pandemi Covid-19 akhirnya dibatalkan. 

“Paduan suara kami aktif. Kami juga sering diundang untuk tampil di kegiatan-kegiatan,” ujarnya kepada tim Borneoflash.com ditemui usai upacara Hardiknas di Halaman Pemkot Balikpapan, Jumat (13/5/2022).

Sudjito mengungkapkan bahwa untuk tampil pada upacara Hardiknas di hadapan para pejabat Kota Balikpapan, anak didiknya mempersiapkan diri berlatih selama empat hari untuk bisa membawakan lima lagu. Diantaranya, lagu Indonesia Raya, Mengheningkan Cipta, Hymne Balikpapan, Padamu Negeri dan Wajib Belajar. “Waktunya mendadak. Alhamdulillah, anak-anak tampil dengan baik,” ucap Sudjito.

Ia berharap kepada anak-anak SD Patra Dharma 1 Balikpapan, untuk bisa memanfaatkan dengan sebaik-baiknya paduan suara ini. Apalagi dukungan para orang tua sangat bagus.

Walikota Balikpapan Bersama Tim Paduan Suara SD Patra Dharma 1 Balikpapan
Walikota Balikpapan Bersama Tim Paduan Suara SD Patra Dharma 1 Balikpapan. Foto: BorneoFlash.com/Niken.

“Mumpung kita mempunyai pelatih yang bagus dan itu sudah dimanfaatkan anak-anak. Apalagi anak-anak paduan suara ini memiliki karakter,” terangnya.

Sementara itu, Pelatih Paduan Suara Patra Dharma Junior Choir, Martinus Sangamamun mengatakan sebanyak 27 orang tampil dihadapan orang nomor satu di Balikpapan. “Kami sering tampil dan hari ini bukan pertama kalinya,” imbuhnya. 

Awalnya dari Dinas Pendidikan Balikpapan meminta sekitar 20 orang untuk mengisi paduan suara. Ternyata, pihak dinas meminta tambahan personel paduan suara, sehingga alumni SD Patra Dharma 1 sebanyak delapan anak bergabung untuk memperkuat paduan suara. 

Mengingat, untuk murid kelas 6 saat ini sedang menjalankan ujian. “Paduan suara ini sudah terlatih, karena di sekolah memang ada kegiatan paduan suara,” kata Martinus.

Ia berharap anak-anak dapat melakukan kegiatan positif untuk mendukung masa depannya. Dengan adanya program Merdeka Belajar dari Pemerintah, para guru dan murid semakin kreatif untuk menemukan hal-hal yang baru mengenai pendidikan. “Dapat dijadikan motivasi,” tutupnya.

banner 700x135

No More Posts Available.

No more pages to load.