Pantun Gultom: Perlunya Pembangunan Puskesmas di Wilayah Sepinggan Baru, Populasi Penduduk Padat 

oleh -
Anggota Komisi IV DPRD Balikpapan, Pantun Gultom. Foto : BorneoFlash.com/Niken.
Anggota Komisi IV DPRD Balikpapan, Pantun Gultom. Foto : BorneoFlash.com/Niken.

BorneoFlash.com, BALIKPAPAN – Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) merupakan salah satu fasilitas kesehatan yang disediakan  oleh Pemerintah.Banyak masyarakat memilih berobat ke Puskesmas, karena lebih dekat dengan tempat tinggal dan biaya berobat pun terjangkau. 

Akan tetapi, Puskesmas tidak merata di setiap Kelurahan. Masih ada Kelurahan yang belum memiliki Puskesmas yakni Kelurahan Sepinggan Raya dan Sepinggan Baru. 

Di kawasan Sepinggan, Puskesmas hanya satu dan melayani tiga Kelurahan yakni Kelurahan Sepinggan, Sepinggan Baru dan Sepinggan Raya.

Hal ini mendapat sorotan dari Anggota Komisi IV Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Balikpapan dari Daerah Pemilihan Balikpapan Selatan, Pantun Gultom. 

“Puskesmas (Sepinggan) itu masih satu untuk tiga Kelurahan, yang sekarang (Puskesmas) dekat SMKN 1,” jelasnya kepada awak media, Kamis (20/1/2022). 

Seharusnya pemerintah mempertimbangkan pembangunan Puskesmas di Kelurahan Sepinggan. Mengingat, Kelurahan Sepinggan terjadi pemekaran wilayah yakni kelurahan Sepinggan Raya dan Sepinggan Baru. “Populasi Penduduk sangat padat,” ujarnya. 

Lanjut Politisi Partai PDI Perjuangan menceritakan bahwa Pimpinan Puskesmas Sepinggan pernah mengatakan kepada dirinya terkait kondisi Puskesmas tidak sebanding dengan kapasitas Puskesmas yang tersedia. Akibatkan sering terjadi penumpukan masyarakat saat berobat. 

“Masyarakat yang berobat sangat banyak, sementara kapasitas puskesmas tidak bisa upgrade, sehingga mereka kesulitan menambah pegawai,” ungkapnya. 

Dengan dasar itu, Gultom mengusulkan untuk adanya penambahan pembangunan puskesmas, untuk wilayah Sepinggan Baru. “Daerah itu populasi penduduk sudah sangat padat,” ucapnya. 

Ya memang, Puskesmas Sepinggan membuka pelayanan hingga 24 jam. Namun, pegawai sangat terbatas, karena kondisi ruang Puskesmas juga sempit. “Mau ditambah pegawai tidak memungkinkan, karena ruang sangat terbatas,” ujar Pantun Gultom. 

Dengan adanya pembangunan Puskesmas di wilayah Sepinggan Baru dapat mengurangi kapasitas masyarakat yang berobat di Puskesmas Sepinggan.

Baca Juga :  Tahun 2024, Program Iuran Gratis BPJS Kesehatan Kelas 3 Berlanjut

(BorneoFlash.com/Niken)

banner 700x135

No More Posts Available.

No more pages to load.