Dispora Kubar Segera Bentuk UPTD Untuk Kelola Fasilitas Olahraga

oleh -
Gedung GOR Desnan yang memang diakui oleh Dispora Kubar cukup kurang terawat dan terkelola maksimal. Foto : BorneoFlash.com/Lilis Suryani.
Gedung GOR Desnan yang memang diakui oleh Dispora Kubar cukup kurang terawat dan terkelola maksimal. Foto : BorneoFlash.com/Lilis Suryani.

BorneoFlash.com, SENDAWAR – Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kabupaten Kutai Barat (Kubar) saat ini sedang mengupayakan berdirinya Unit Pelaksana Teknis Dinas (UPTD).

Dimana UPTD ini didirikan untuk memaksimalkan pengelolaan dan perawatan beberapa fasilitas dan gedung olahraga yang saat ini memang kurang terpantau baik.

“Saat ini kita memang sedang berupaya mendirikan UPTD untuk fasilitas dan gedung yang ada di Kubar. Sebab, kita memang akui bahwa beberapa gedung olahraga yang berdiri ini kurang perawatan dan tidak maksimal terkelola,” kata Kepala Dispora Kubar, Gamas Laden pada Senin (17/1/2022).

Seperti gedung Gelanggang Olah Raga (GOR) Desnan yang berada di pusat ibu kota kabupaten. Gedung yang sejatinya bisa dipakai untuk berbagai aktivitas olahraga tersebut. Kini hampir-hampir tidak terawat dan jarang digunakan untuk kegiatan olahraga.

“Ya karena memang tidak sepenuhnya bisa Dispora tangani, untuk itu perlu UPTD. Sehingga beberapa gedung dan fasilitas olahraga di Kubar ini bisa terkelola dengan baik,” tambahnya.

Dirinya juga berharap upaya pendirian UPTD tersebut bisa terselesaikan segera dalam tahun 2022 ini. Sehingga tidak harus menunggu sampai beberapa gedung dan fasilitas olahraga ini menjadi tidak layak untuk digunakan.

“Seperti GOR Desnan, benar memang ada beberapa bagian di dalamnya dirusak oknum-oknum yang tidak bertanggung jawab. Karena memang tidak adanya pengawasan, perawatan dan pengelolaan. Kita tidak ingin ini terus berlarut-larut,” bebernya.

Selain perawatan dan pengawasan, dengan adanya UPTD ini diharapkan pula bisa mendongkrak berbagai kegiatan di gedung tersebut.

Sehingga dapat menghasilkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) yang tentunya dipergunakan untuk pembangunan kemajuan Bumi Tanaa Purai Ngeriman.

“Nah, kalau sudah ada UPTD nya. Diharapkan bisa berinovasi untuk membuat gedung ini bermanfaat. Itu kan ruangannya ada banyak, bisa disewakan sebagai tempat alat fitnes ataupun kegiatan olahraga lainnya,” harapnya.

Baca Juga :  Tinjau TA Revamp di Kilang Pertamina Unit Balikpapan, Nicke Widyawati Bangga Pada Inovasi Green Refinery Perwira Muda
Kepala Dispora Kubar, Gamas Laden. Foto : BorneoFlash.com/DOK.
Kepala Dispora Kubar, Gamas Laden. Foto : BorneoFlash.com/DOK.

Selain GOR Desnan, gedung dan fasilitas lainnya yang ada di Kubar seperti Stadion Swalas Gunaq, Sirkuit Balapan Lanay Jaya, dan lapangan tembak.

Juga nantinya diharapkan bisa dikelola dan dirawat dengan baik oleh UPTD ini. Agar semuanya itu tidak menjadi rusak dan terbengkalai.

“Targetnya UPTD ini bisa berdiri secepatnya. Semakin cepat, semakin baik,” tandasnya. 

(BorneoFlash.com/Lis)

Simak berita dan artikel BorneoFlash lainnya di  Google News

banner 700x135

No More Posts Available.

No more pages to load.