Dinas Pariwisata Kubar Gandeng Komunitas Lokal Untuk Gaet Wisatawan

oleh -
Danau Aco yang terletak di Kampung Linggang Melapeh Kabupaten Kutai Barat menjadi salah satu destinasi wisata alam yang diandalkan. Foto : HO/Dispar Kubar.
Danau Aco yang terletak di Kampung Linggang Melapeh Kabupaten Kutai Barat menjadi salah satu destinasi wisata alam yang diandalkan. Foto : HO/Dispar Kubar.

BorneoFlash.com, SENDAWAR – Potensi pariwisata di wilayah Kabupaten Kutai Barat (Kubar) dinilai cukup menjanjikan baik segi peningkatan sektor Pendapatan Asli Daerah (PAD) maupun peningkatan perekonomian masyarakat. 

Pemerintah Kabupaten Kutai Barat melalui Dinas Pariwisata (Dispar) berupaya memperkenalkan atau mempromosikan berbagai sektor pariwisata di wilayah Kutai Barat saat ini dengan menggandeng para komunitas lokal.

Kepala Dinas Pariwisata Kutai Barat, Yuyun Diah Setyorini melalui Kepala Bidang Pemasaran Pariwisata, Maximus Gregorius mengatakan selain menggandeng komunitas untuk mempromosikan pariwisata, pihaknya juga menggandeng para agen perjalanan luar daerah seperti perusahaan travel angkutan penumpang. 

“Upaya promosi pariwisata tersebut dengan menggandeng beberapa komunitas, seperti komunitas lokal Jelajah Kubar.

Selain itu kita juga menggandeng salah satu agen perjalanan luar daerah, yakni travel Elkana untuk memperkenalkan daya tarik wisata di Kubar,” katanya, Rabu (15/12/2021).

Menurutnya,Dispar Kubar saat ini juga terus menerus mencari cara agar pariwisata di Kubar ini bisa dikenal oleh orang banyak.

Bahkan, Dispar Kubar pun juga telah membuat beberapa video pendek yang diunggah di akun media sosial (Medsos).

“Ya semaksimal mungkin tetap kita usahakan untuk promosi pariwisata ini. Sebab, berbicara tentang pariwisata, tidak hanya terpaku pada objek wisatanya tetapi memang secara keseluruhan. Baik itu cinderamata, ciri khas, serta kegiatan ekonomi yang berhubungan satu sama lainnya,” terangnya.

Meskipun sudah melakukan upaya maksimal dalam mempromosikan pariwisata yang ada di Kubar. Tidak dipungkiri bahwa masih ada beberapa kendala yang harus dialami dan dihadapi. 

Diantaranya mengenai infrastruktur dan juga biaya yang harus dikeluarkan untuk menjangkau  pariwisata unggulan di Kubar.

Tempat wisata Gunung S yang juga ada Di kabupaten Kutai Barat. Foto : BorneoFlash.com/DOK.
Objek Wisata Gunung S yang juga ada Di kabupaten Kutai Barat. Foto : BorneoFlash.com/DOK.

“Ya seperti infrastruktur jalan sampai high cost yang dikeluarkan. Ini juga yang tetap Dispar Kubar upayakan agar tidak menjadi hambatan dalam menarik wisatawan.

Pemerintah daerah pun turut membantu namun memang ini butuh proses yang tidak sebentar, khususnya mengenai infrastruktur jalan,” pungkasnya.

(BorneoFlash.com/Lis)

banner 700x135

No More Posts Available.

No more pages to load.