Pusat Ambil Alih Sejumlah Proyek Ruas Jalan di Mahulu dengan APBN

oleh -
Pembangunan Infrastruktur Menjadi Prioritas di Kabupaten Mahakam Ulu. Foto : DOK/DISKOMINFOSTANDI.
Pembangunan Infrastruktur Menjadi Prioritas di Kabupaten Mahakam Ulu. Foto : DOK/DISKOMINFOSTANDI.

BorneoFlash.com, UJOH BILANG – Beberapa proyek pembangunan ruas jalan di Kabupaten Mahakam Ulu (Mahulu), mulai tahun depan akan diambil alih oleh Pemerintah Pusat, dengan menggunakan APBN (Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara). 

Pembangunan ruas jalan diantaranya, jalan dari Long Melaham – Mambes – Long Gelawang yang dibangun dengan aspal.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Mahulu Yohanes Andi Abeh mengungkapkan sejumlah pekerjaan jalan di Mahulu yang selama ini di sharing antara APBN dan APBD, tidak lagi melibatkan daerah. Semuanya diambil alih oleh pusat. 

“Kemudian jalan dari Long Belawan – Seroja. Juga dari Long Bagun – Lunuk, yang selama ini kita kerja sama-sama, itu nanti diambil alih APBN. Tidak diperkenankan lagi dengan dana APBD. Karena status jalan itu, jalan nasional,” ujar Yohanes Andi Abeh.

Sedangkan beberapa proyek yang masih dikerjakan oleh Pemerintah Daerah adalah jalan yang masih berstatus jalan daerah.

Seperti jalan dari Long Mei yang dibangun aspal sepanjang 15 kilometer. Itu dibangun lewat APBD. “Itu targetnya selesai 2022, kemudian dilanjut lagi,” terangnya.

Jalan yang dibangun lewat APBD yaitu jalan menuju areal perkantoran yang dananya bersumber dari APBD Mahulu (Rp 5 miliar) dan Bantuan Keuangan (Bankeu) dari Pemprov Kaltim (Rp 5 miliar), total Rp 10 miliar. 

Kemudian jalan Sekulot menuju Long Bagun, yang dikerjakan lewat DAK (Dana Alokasi Khusus) sepanjang 6 kilometer, ditargetkan rampung pada akhir tahun 2021. (*)

banner 700x135

No More Posts Available.

No more pages to load.