Jelang Nataru, Stok dan Harga Kebutuhan Pokok di Kutai Barat Masih Aman

oleh -
Harga dan stok bahan pokok di Pasar Tradisional Barong Tongkok, Kabupaten Kutai Barat masih terpantau aman dan stabil menjelang perayaan natal dan tahun baru (Nataru) 2022. Foto : BorneoFlash.com/Lilis Suryani.
Harga dan stok bahan pokok di Pasar Tradisional Barong Tongkok, Kabupaten Kutai Barat masih terpantau aman dan stabil menjelang perayaan natal dan tahun baru (Nataru) 2022. Foto : BorneoFlash.com/Lilis Suryani.

BorneoFlash.com, SENDAWAR – Harga dan stok kebutuhan bahan pokok di wilayah Kabupaten Kutai Barat (Kubar) menjelang perayaan Natal dan tahun baru (Nataru) 2022 masih terbilang aman dan stabil.

Hal ini juga diakui Pemkab Kubar sendiri melalui Disdagkop dan UKM Kutai Barat.

Kabid Perdagangan Disdagkop dan UKM Kubar, Ambrosius Ndopo mengatakan saat ini pihaknya terus berkoordinasi dengan Disdagkop Pemprov Kaltim untuk mengantisipasi terjadinya lonjakan harga bahan pokok yang biasanya mengalami lonjakan satu minggu sebelum hari-hari besar keagamaan seperti perayaan Natal.

“Memang setiap tahun itu, enam atau tujuh hari sebelum hari H keagamaan, ada kecenderungan harga kebutuhan pokok naik.

Jadi kita tetap memantau dan tetap berkoordinasi dengan Provinsi, karena disana mereka berpartner dengan agen-agen utamanya,” kata Ambrosius Ndopo, Selasa (23/11/2021).

Menurut Ambrosius selain karena karena tingginya permintaan konsumen jelang hari besar keagamaan, kelangkaan dan kenaikkan harga kebutuhan pokok juga terjadi karena masalah pasokan akibat kondisi alam dan akses transportasi jalan yang rusak menuju ke Kutai Barat.

“Yang terjadi itu karena faktor pendistribusian terhambat, imbas dari jalan yang jelek. Kemudian beberapa kebutuhan pokok kita datangkan dari luar Kaltim, seperti cabai, gula dan beberapa komoditi lain itu dari Jawa, terus beras banyak dari Sulawesi ada juga dari Surabaya. Nah itu kalau lewat laut, bisa saja gelombang tinggi sehingga kapal jadi lambat,”ujarnya. 

Namun demikian, Ambrosius menegaskan jelang hari besar keagamaan umat Kristiani atau Natal tahun 2021 ini, ketersediaan dan harga kebutuhan pokok di sejumlah pasar tradisional dalam kawasan Ibu Kota Kabupaten Kutai Barat masih terpantau stabil.

“Staf saya ini kan setiap pagi mengecek di Pasar. Nah yang jadi sampel nya itu di Pasar Olah Bebaya Melak, Pasar Jaras di Barong, dan Pasar Nala di Bigung. Jadi sampai akhir November ini, stok kebutuhan bahan pokok masih aman terkendali dan harga juga masih stabil,”tegasnya. 

Kabid Perdagangan Disdagkop dan UKM Kubar, Ambrosius Ndopo. Foto : BorneoFlash.com/Lilis Suryani.
Kabid Perdagangan Disdagkop dan UKM Kubar, Ambrosius Ndopo. Foto : BorneoFlash.com/Lilis Suryani.

Sementara itu, pantauan BorneoFlash.com di pasar Tradisional Barong Tongkok pada Selasa Sore (23/11/2021). 

Harga kebutuhan bahan pokok masih terbilang stabil, begitupun dengan ketersediaan bahan pokok juga masih aman.

” Masih normal semua mas. Stok juga masih banyak” ujar beberapa pedagang di pasar tradisional Barong Tongkok, Kutai Barat. 

(BorneoFlash.com/Lis)

banner 700x135

No More Posts Available.

No more pages to load.