Long Iram Bentuk FPK, Agar Ciptakan Persatuan Dalam Keanekaragaman

oleh -
Pembentukan FPK di Kecamatan Long Iram yang diharapkan bisa mewujudkan persatuan yang di dalamnya terdiri dari keanekaragaman suku dan agama. Foto : HO.
Pembentukan FPK di Kecamatan Long Iram yang diharapkan bisa mewujudkan persatuan yang di dalamnya terdiri dari keanekaragaman suku dan agama. Foto : HO.

BorneoFlash.com, SENDAWARForum Pembauran Kebangsaan (FPK) di Kecamatan Long Iram resmi dibentuk pada Kamis (14/10/2021). 

Pembentukan FPK ini sebagai upaya mengembangkan pembauran kebangsaan di tingkat kecamatan. 

Yang juga diapresiasi serta didukung oleh Polsek dan Koramil sebagai aparat keamanan dan penegak hukum yang ada di kecamatan Long Iram

“Hari ini Kecamatan Long Iram sudah selesai membentuk FPK,  dihadiri Sekretaris Kesbangpol Kubar beserta staff untuk memfasilitasi pembentukan FPK ini,” tutur Burhan Camat long Iram pada Kamis (14/10/2021). 

Burhan menjelaskan bahwa tujuan terbentuknya FPK ini adalah sebagai wadah informasi, komunikasi, konsultasi, dan kerjasama antar warga masyarakat. 

Yang diarahkan untuk menumbuhkan, memantapkan dan memelihara serta mengembangkan pembauran kebangsaan.

Kemudian ia jelaskan lebih lanjut bahwa FKP yang telah terbentuk ini terdiri dari suku-suku dan etnis yang di Kecamatan Long Iram. 

Dan dengan adanya forum ini dapat memperkuat komunikasi yang intens dalam rangka menjawab persoalan-persoalan sosial, keamanan dan ketertiban yang mulai luntur karena mengedepankan ego ras, suku,budaya dan agama. Karena terlalu mensuperiorkan kelompoknya dan menginferiorkan kelompok lain. 

“Saya berharap terbentuknya forum ini agar dihidupkan dan diberdayakan dengan kegiatan nyata dan terukur. 

Supaya betul-betul saling mengakui dan menghargai perbedaan sebagai kekayaan dan  keragaman  masyarakat Indonesia,” tuturnya. 

Forum Pembauran Kebangsaan (FPK) di Kecamatan Long Iram resmi dibentuk pada Kamis (14/10/2021).  Foto : HO.
Forum Pembauran Kebangsaan (FPK) di Kecamatan Long Iram resmi dibentuk pada Kamis (14/10/2021).  Foto : HO.

Dalam pembentukan tersebut ditetapkan H. Ibramsyah selaku Ketua FPK, Yahwel (Wakil Ketua), Fahrizal Rahman (Sekretaris), dan beberapa anggota perwakilan dari berbagai suku yang ada di Kecamatan Long Iram

Dan pesan kepada FPK ini agar kedepannya para perwakilan suku-suku yang ada di Kecamatan Long Iram dapat bersinergi bersama sama  dalam menciptakan lingkungan yang kondusif. 

“Agar bisa menjamin lingkungan yang aman dan terkendali. Terutamanya dari isu suku, agama, ras dan antar golongan (SARA) yang bertujuan untuk memecah belah masyarakat,” tukas Camat Long Iram.

(BorneoFlash.com/Lilis)

banner 700x135

No More Posts Available.

No more pages to load.