Misi di Rantau Keminting, Warga Desa Sambut Gembira Kedatangan Personel Kodam VI/Mulawarman

oleh -
Kapendam VI/Mulawarman Kolonel Inf Taufik Hanif. Foto : HO.
Kapendam VI/Mulawarman Kolonel Inf Taufik Hanif. Foto : HO.

BorneoFlash.com, BALIKPAPAN – Menempuh jarak kurang lebih 330 KM dengan waktu tempuh 7 jam 45 menit dari Markas Kodam VI/Mulawarman, sampailah di Desa Rantau Keminting Kecamatan Labuan Amas Kabupaten Hulu Sungai Tengah (HST) Provinsi Kalimantan Selatan yang merupakan Desa target kegiatan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-112 Kodim 1002/HST.

Terlihat jelas bahwa hamparan luas lahan yang berada dekat dengan tempat tinggal warga setempat, merupakan lahan pertanian dan perkebunan yang digunakan warga untuk bertahan hidup.

Pandemi Covid-19 yang tidak kunjung berakhir membatasi aktifitas penggarapan lahan untuk pertanian dan perkebunan.

Ditambah lagi dengan jalan penghubung lahan ke pemukiman warga yang kurang memadai menjadi penghambat transportasi untuk memanen hasil pertanian dan perkebunan dengan skala besar.

Warga Desa Rantau Keminting menyambut dengan gembira dengan adanya program TMMD Ke-112 Tahun 2021.

Pasalnya, selain membangun 1 rumah warga dan 1 tempat ibadah, kegiatan yang digagas TNI dan Pemerintahan Daerah ini juga membangun jalan yang merupakan prasarana yang dapat memudahkan warga untuk mengangkut hasil panen dengan skala besar.

Bukan tanpa alasan, pertimbangan Komando Atas memilih Desa ini bisa ditinjau dari dua aspek, yaitu aspek pertahanan yang memfokuskan pada jalur logistik untuk dukungan operasi pasukan, juga dalam rangka mengoptimalkan kapasitas Desa Rantau Keminting sebagai Daerah Pusat Logistik (Pertanian dan Perkebunan).

Aspek lainnya adalah, karena dislokasi desa ini, diharapkan TMMD ke-12   mampu untuk meningkatkan kesejahteraan dengan cara membuka dan meningkatkan akses lahan ketahanan pangan.

Satgas TMMD Ke-112 Kodim 1002/HST memiliki target pembuatan siring badan jalan dan pengerasan badan jalan sepanjang 1.725 meter.

Perbaikan 2 unit jembatan yang berada di sepanjang jalan, pembangunan 1 unit mushola serta pembangunan 1 unit rumah warga.

Selain sasaran fisik sebagai sasaran utama kegiatan ini yang telah diuraikan di atas, Kodim 1002/HST juga memiliki sasaran non-fisik, di mana fokus utama merupakan pencegahan penyebaran virus Covid-19 dan pendidikan yang bekerjasama dengan Dinas Perpustakaan Daerah Kabupaten Hulu Sungai Tengah.

Bekerja sama dengan Dinas Kesehatan Kabupaten Hulu Sungai Tengah dan Kesehatan Daerah Militer VI/Mulawarman (Kesdam VI/Mlw), Satgas TMMD berupaya menangani permasalahan yang sampai saat ini belum tuntas dan juga perintah langsung Presiden Republik Indonesia dalam penanganan pandemi Covid-19.

Kodim 1002/HST melakukan upaya dan terus-menerus menghimbau kepada masyarakat agar mematuhi Protokol Kesehatan dengan selalu menerapkan 5 M yaitu Memakai Masker, Menjaga Jarak, Mencuci Tangan dengan Sabun, Menghindari Kerumunan dan Mengurangi Mobilitas. 

Khususnya kepada warga Desa Rantau Keminting, sehingga warga paham akan bahaya virus ini. Disamping itu kegiatan penting yang dilakukan adalah melaksanakan vaksinasi.

Sebanyak 500 vaksin telah disuntikan kepada warga Desa Rantau Keminting oleh satgas TMMD Ke-112 untuk menambah kekebalan tubuh warga terhadap serangan virus Covid-19.

Di sisi pendidikan, Kodim 1002/HST yang bekerja sama dengan Dinas Perpustakaan Daerah Kabupaten Hulu Sungai Tengah menurunkan 2 unit kendaraan perpustakaan keliling yang dapat dimanfaatkan anak-anak Desa Rantau Keminting sebagai sarana membaca.

Selain itu, Babinsa Desa Rantau Keminting dan anggota Satgas TMMD Ke-112 Kodim 1002/HSTmelaksanakan belajar mengajar di tempat terbuka, sebagai pelajaran tambahan selain pelajaran yang diterima di sekolah bagi anak-anak yang sudah bersekolah.

Di tengah Pandemi yang semakin menurun akhir-akhir ini, kami harus tetap menyalakan semangat perjuangan dan membantu rakyat, agar dapat melaksanakan kegiatan sehari-hari dalam standar kelayakan serta mendapat kesejahteraan Pendidikan.  

Semoga Satgas TMMD Ke-112 Kodam VI/Mulawarman baik yang berada di wilayah Korem 091/Asn (Kaltim), Korem 092/Mrl (Kaltara) dan Korem 101/Ant (Kalsel) dapat segera menuntaskan seluruh target yang diberikan.

Tidak lupa juga kami mengucapkan terima kasih kepada seluruh komponen yang membantu mensukseskan kegiatan ini, terlebih untuk Satgas TMMD Ke-112 Kodam VI/Mulawarman dan warga yang telah membantu, karena TNI lahir dari rakyat, oleh rakyat dan untuk rakyat.

Tanpa rakyat kami bukanlah apa-apa. Bertepatan dengan HUT TNI Ke-76 Tahun 2021 ini kita terus bergotong royong bersama-sama sesuai dengan tema HUT TNI Ke-76 “Bersatu, Berjuang, Kita Pasti Menang” dan motto TMMD “Wujud Sinergi Membangun Negeri”.

Sumber : Kapendam VI/Mulawarman Kolonel Inf Taufik Hanif

banner 700x135

No More Posts Available.

No more pages to load.