Kasdam Hadiri Seminar Penguatan Keamanan Siber Nasional

oleh -
Kasdam VI/Mlw Brigjen TNI Ibnu Bintang Setiawan mengikuti Seminar Penguatan  Sumber Daya Siber Nasional yang berlangsung di aula Makodam VI/Mlw Kamis (16/9/201). Foto : HO/Pendam VI/Mlw.
Kasdam VI/Mlw Brigjen TNI Ibnu Bintang Setiawan mengikuti Seminar Penguatan  Sumber Daya Siber Nasional yang berlangsung di aula Makodam VI/Mlw Kamis (16/9/201). Foto : HO/Pendam VI/Mlw.

BorneoFlash.com, BALIKPAPANKasdam VI/Mlw Brigjen TNI Ibnu Bintang Setiawan mengikuti Seminar Penguatan  Sumber Daya Siber Nasional yang berlangsung di aula Makodam VI/Mlw Kamis (16/9/201). 

Acara yang digagas dan selenggarakan oleh Komando Gabungan Wilayah Pertahanan (Kogabwilhan) II tersebut juga dihadiri para unsur Forkopimda, akademisi, mahasiswa. serta komunitas siber.

Acara yang dibuka oleh Panglima Kogabwilahan II Marsekal Madya TNI  Imran Baidirus, S.E mengangkat tema “Desain arsitektur ruang siber Ibu Kota Negara dalam perspektif pertahanan dan keamanan guna meningkatkan cyber awareness di ruang publik”

Marsekal Madya TNI  Imran Baidirus, S.E mengatakan seiring dengan perkembangan teknologi informasi dan telekomunikasi telah merubah realitas baru di era digital saat ini adalah hadirnya wilayah non fisik yang dikenal sebagai ruang siber (cyber space). 

Cyber space didefinisikan sebagai suatu realitas baru yang tercipta karena adanya teknologi internet dimana interaksi antar masyarakat terjadi secara virtual dan melampaui lintas batas negara.

Adanya realitas baru di ruang siber telah menyebabkan bergesernya konsep perang antar negara yang sebelumnya terbatas pada peperangan secara fisik tetapi berkembang pada perang di ruang siber atau yang dikenal dengan istilah cyber war. 

dalam konsepsi cyber war, pelaku atau aktor dalam perang tersebut tidak hanya terbatas pada negara saja tetapi juga individu, non pemerintahan (non state), jaringan teroris, kelompok kejahatan terorganisasi, maupun sektor swasta seperti internet and provider company.

Seminar kali ini mendatangkan tiga orang narasumber,  yaitu Rektor Uniba Dr. Isradi Zainal, Kasubdit 5 Ditkrimsus Polda Kaltim Kompol Sugeng Subagio dan Prof. Dr. Eko Indrajit.

Selain Kasdam VI/Mlw seminar ini juga dihadiri, Dansatsiber TNI,  Wakil Gubernur Kaltim, Wakapolda Kaltim dan Walikota Balikpapan. 

Sumber : Pendam VI/Mlw

banner 700x135

No More Posts Available.

No more pages to load.