Sehat dan Segar, Novotel Ibis Balikpapan Hidupkan Kembali Program Hidroponic 

oleh -

BorneoFlash.com, BALIKPAPAN – Saat ini Novotel Ibis Balikpapan memiliki beberapa program untuk mewujudkan tujuan dari proyek Accor yaitu PLANET  21 – ACTING  HERE-  yang lebih fokus  kepada penerapan penggunaan barang recycle dan kegiatan ramah lingkungan yang berkesinambungan. 

 

Program yang saat ini masih berjalan adalah:

  1. Soap for Hope (S4H) dan bermitra  dengan Yayasan Yatim Mandiri Balikpapan untuk mendaur ulang sabun yang bekerja sama dengan Diversey. 

 

  1. Linen for life (L4F) bermitra dengan Kreka (Kreasi Kita) Balikpapan dengan program unggulan menggunakan linen yang bekas menjadi kain Batik motif Kalimantan dan batik jumputan yang mempunyai nilai ekonomi dan membantu anak-anak pemulung untuk berkreasi serta melestarikan budaya lokal dengan melestarikan batik tradisional Kalimantan. 

 

  1. Program yang terkini adalah  Penanaman Kembali Hidroponic yang ada di lingkungan hotel menjadi salah satu kegiatan sustainable Novotel Ibis Balikpapan. 

 

Sejak terjadinya pandemi di awal tahun 2020 dan melanda seluruh dunia khususnya kota Balikpapan, Novotel Ibis Balikpapan juga merasakan dampak yang luar biasa hingga pengurangan karyawan yang sangat besar dan berdampak pada kegiatan yang sudah berjalan. 

 

Kemudian di awal Juli 2021, team dan management berusaha untuk bangkit kembali dengan mengaktifkan kembali kegiatan hidroponic yang lama berhenti sekitar 1 tahun. 

 

Akhirnya muncul ide untuk berkolaborasi  dengan PPDI (Perkumpulan Penyandang Disabilitas Indonesia) cabang Balikpapan sebagai partner untuk menghidupkan kembali tanaman hidroponic. 

 

Akhirnya program kami ini berjalan dan saat ini telah melakukan panen pertama dengan hasil yang sangat memuaskan. 

 

Ada sekitar 500 pohon sawi dicampur dengan selada  yang menjadi tanaman unggulan. 

Disamping menghijaukan kembali area Square Restaurant supaya kelihatan cantik, juga membantu segi ekonomi untuk teman-teman disabilitas Balikpapan karena semua penjualan yang ada akan kami serahkan ke komunitas PPDI Balikpapan. 

 

Kegiatan ini sungguh sangat menarik karena kami melibatkan tamu yang akan membeli hasil hidroponic dengan memetik sendiri 

 

Bahkan talent pun sangat senang karena dapat membeli sayuran segar dengan kualitas yang bagus dan harga yang murah tanpa harus ke Pasar. (*)

 

banner 700x135

No More Posts Available.

No more pages to load.