Antisipasi Kebakaran, Lapas Kelas IIA Balikpapan Lakukan Pengecekan Instalasi Listrik

oleh -
Petugas melakukan pengecekan instalasi listrik di Lapas Kelas IIA Balikpapan. Foto : HO/Humas Lapas Balikpapan.
Petugas melakukan pengecekan instalasi listrik di Lapas Kelas IIA Balikpapan. Foto : HO/Humas Lapas Balikpapan.

BorneoFlash.com, BALIKPAPAN – Sebagai langkah antisipasi dan  belajar dari kebakaran yang terjadi di Lapas Tangerang.

Lapas Kelas IIA Balikpapan melakukan deteksi dini terjadinya bencana kebakaran dengan melakukan pengecekan Blok kamar hunian  pada Kamis (9/9/2021).

Kepala Lapas Kelas IIA  Balikpapan Timbul Aliansyah, mengatakan. Deteksi dini terjadinya bencana kebakaran tersebut dilakukan dalam rangka menindaklanjuti surat edaran Dirjenpas kementerian Hukum dan Ham.

Yang mana memerintahkan kepada seluruh Kepala Unit Pelaksana teknis untuk melakukan deteksi dini terjadinya bencana  kebakaran yang biasanya disebabkan oleh arus listrik di Blok kamar hunian yang bisa menimbulkan gangguan keamanan dan ketertiban.

 

“Seperti yang sudah kita ketahui bersama bencana kebakaran yang terjadi selama ini sebagian besar terjadi karena diakibatkan oleh Korsleting listrik. Sehingga hal ini menjadi perhatian khusus bagi kami semua, termasuk Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Kalimantan Timur. Atas hal itu, kami  harus segera melakukan pengecekan, pemeriksaan dan penertiban terhadap instalasi listrik termasuk penggunaan alat elektronik di blok hunian”  ujarnya tak lama ini.

Oleh karena itu, sesuai dengan surat Edaran di atas dan perintah langsung dari Kalapas, Tim urusan umum didampingi oleh tim keamanan dan ketertiban beserta pengamanan lakukan kegiatan penertiban jaringan instalasi listrik.

hal ini dimaksudkan untuk mencegah terjadinya korsleting listrik yang dapat menimbulkan gangguan keamanan dan ketertiban di Lapas Balikpapan, dalam kegiatan ini juga dilakukan perbaikan dan peremajaan kabel instalasi listrik yang sudah tidak layak pakai.

Tak hanya itu Tim juga memberikan pemahaman kepada Warga Binaantentang bahaya penggunaan jaringan listrik yang tidak Standar, selain itu Tim juga melakukan pemeriksaan terhadap Alat pemadam api yang sudah ditempatkan pada titik yang sudah di tentukan guna memastikan kembali Alat pemadam tersebut berfungsi dengan baik. 

Pihak Lapas Balikpapan ke depannya juga akan melakukan kerjasama dengan Pemadam kebakaran kota untuk memberikan pengetahuan kepada Petugas tentang bagaimana cara melakukan evakuasi apabila terjadi bencana kebakaran.

“Kita berharap deteksi dini ini dapat meminimalisir timbulnya bencana dan gangguan keamanan,ketertiban, sehingga keadaanLapas Balikpapan selalu dalam keadaan aman dan kondusif.” pungkasnya. 

(BorneoFlash.com/Eko)

banner 700x135

No More Posts Available.

No more pages to load.