Esports Pertama Kali Akan Dipertandingkan di PON Papua

oleh -
Ketua Harian Pengurus Besar Esports Indonesia (PBESI), Komisaris Jenderal Bambang Sunarwibowo, saat melaksanakan virtual zoom dengan awak media, Rabu (18/8/2021) lalu.
Ketua Harian Pengurus Besar Esports Indonesia (PBESI), Komisaris Jenderal Bambang Sunarwibowo, saat melaksanakan virtual zoom dengan awak media, Rabu (18/8/2021) lalu. Foto : HO.

BorneoFlash.com, JAKARTA – Jelang gelaran Pekan Olahraga Nasional (PON) XX di Papua pada 2021 mendatang dipastikan akan berbeda dari sebelumnya.

Itu karena, di PON Papua ini, olahraga esports untuk kali pertama dipertandingkan sebagai salah satu cabang olahraga eksibisi.

“Ini pertama kali dalam sejarah, olahraga esports masuk dalam rangkaian PON,” kata Ketua Harian Pengurus Besar Esports Indonesia (PBESI), Komisaris Jenderal Bambang Sunarwibowo, saat melaksanakan virtual zoom dengan awak media, Rabu (18/8/2021) lalu.

Bambang menambahkan Eksibisi Esports PON XX Papua 2021 akan mempertandingkan tiga cabang gim, yaitu eFootball PES 2021, Mobile Legends, dan Free Fire. Dia berharap, masuknya cabang olahraga esports di PON akan memberikan kesempatan bagi para pecinta olahraga ini untuk bertanding dan membawa nama besar daerah masing-masing.

Selain itu, momen ini merupakan wadah bagi PBESI dalam memantau bibit-bibit atlet potensial yang tersebar di Indonesia.

“Pemerintah melalui Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) dan Komite Olahraga Nasional (KONI) menyatakan, esports resmi menjadi cabang olahraga prestasi dengan bergabungnya Pengurus Besar Esports Indonesia (PBESI). PBESI sendiri dipimpin Jenderal Pol (P) Prof Dr Budi Gunawan, SH, M.Si sebagai ketua umum,” katanya.

Nantinya, atlet-atlet esports yang terbaik dalam Eksibisi Esports PON XX Papua 2021 ini mendapatkan kesempatan untuk menjalani pemusatan latihan di Pelatnas dan dibina langsung oleh PBESI. 

Mereka akan dipersiapkan untuk mengikuti turnamen-turnamen esports internasional dan mewakili Indonesia untuk mengikuti kejuaraan multi event, seperti Sea Games, Asian Games, dan lainnya.

Pada kesempatan yang sama, PBESI juga akan merilis platform digital khusus yang dikelola untuk memajukan olahraga esports Tanah Air yang diberi nama Garudaku. Dalam EksibisiEsports PON XX Papua 2021, platform digital yang secara resmi berada dibawah naungan PBESI ini diperkenalkan untuk pertama kali dan digunakan dalam penyelenggaraan Eksibisi Esports PON XX Papua 2021.

“Garudaku akan digunakan mulai dari proses pendaftaran hingga teknis penyelenggaraan Eksibisi Esports PON XX Papua 2021. Aplikasi ini dapat diakses melalui garudaku.com/pon,” jelasnya.

banner 700x135

No More Posts Available.

No more pages to load.