Gelar Aksi Demo Di Situasi Pandemi Covid-19, Polisi Amankan 15 Orang Mahasiswa

oleh -
Polisi Amankan 15 Orang Mahasiswa dalam aksi demo mahasiswa yang berlangsung di Jalan Jendral Sudirman pada Kamis (22/7/2021) Siang. Foto : BorneoFlash.com/Muhammad Eko.
Polisi Amankan 15 Orang Mahasiswa dalam aksi demo mahasiswa yang berlangsung di Jalan Jendral Sudirman pada Kamis (22/7/2021) Siang. Foto : BorneoFlash.com/Muhammad Eko.

BorneoFlash.com, BALIKPAPAN Kapolresta Balikpapan Kombes Pol Turmudi angkat bicara mengenai aksi demo mahasiswa yang berlangsung di Jalan Jendral Sudirman pada Kamis (22/7/2021) Siang.

Dia mengatakan, dirinya didampingi Dandim telah melakukan pengamanan dan pelayanan aksi unjuk rasa yang dilakukan oleh para mahasiswa.

Oleh sebab itu, dirinya katakan. Dalam situasi kali ini dalam penanganannya juga harus ekstra dan penangannya harus prosedur Protokol Kesehatan (Prokes).

Sehingga dalam hal ini pihaknya mengedepankan gugus tugas Covid-19, untuk menyampaikan dan mengimbau agar tidak terjadi kerumunan dalam jumlah banyak dan dalam waktu yang lama.

Dari tim Gugus tugas Covid-19 sudah melaksanakan tugasnya, mengimbau agar segera membubarkan.

“Tapi mereka (Mahasiswa-Red)  tidak mengindahkan, sehingga atas pertimbangan dan keselamatan masyarakat Balikpapan dari penyebaran Covid-19 yang sekarang di level 4. Kami melakukan upaya pembubaran. Dan Alhamdulillah pembubaran juga dapat berjalan lancar ,”bebernya.

Lebih lanjut dia terangkan, beberapa tuntutan disuarakan dalam kesempatan oleh para mahasiswa.

Diantaranya mereka meminta PPKM agar dilakukan penyetopan. Dan tidak adanya  adanya empati dari pemerintah,  dan lain sebagainya. 

“Kami juga sudah memfasilitasinya dari kemarin. Tim kami juga turun untuk bertemu dengan Koordinator Lapangan (Korlap) nya. Dan kepada perguruan tingginya juga agar tidak turun kelapangan, dan tim saya juga sudah menghubungi Wali Kota agar nanti dapat melakukan audiensi saja karena kalau turun kelapangan situasinya sangat rentan penyebaran Covid-19 dari kerumunan yang dimaksud,” bebernya.

Dalam hal ini kata dia Wali Kota Balikpapan juga menyanggupi dan siap menemui para mahasiswa. 

Namun, di lapangan Mereka tidak menghendaki adanya audiensi, dan negosiasi.

“Malah mereka (Mahasiswa-Red) justru menghendaki jika Wali Kota yang menemui mereka. Inikan sangat rawan,” bebernya.

Terpelas hal lain, dia juga katakan, untuk waktu aksinya juga sudah cukup lama. Dan pihaknya sudah mengamankan 15 orang. 

“Dan akan kami lakukan Rapid, dan kami juga sudah siapkan semuanya, karena prosedurnya sudah jelas dan kami harapkan hasilnya tidak ada yang positif Covid-19,” harapnya.

Selain itu dia katakan, jika memang nanti dari pemeriksaan yang dilakukan ada yang positif Covid-19. 

Pihaknya akan melakukan tracing kepada mereka -mereka yang menjalankan aksi.

Kapolresta Balikpapan Kombes Pol Turmudi. Foto : BorneoFlash.com/Muhammad Eko.
Kapolresta Balikpapan Kombes Pol Turmudi. Foto : BorneoFlash.com/Muhammad Eko.

Dalam kesempatan itu dirinya juga sampaikan, Kota Balikpapan ini merupakan kota yang aman damai, aman dan tentram. Dan saat ini tengah dilanda pandemi Covid-19 yang sudah berlangsung 1 tahun setengah. 

Dirinya juga tak menampik, mungkin masyarakat juga sudah lelah ditambah dengan kegiatan yang kontra produktif.

Meski demikian yang harus dipahami dalam hal ini, karena yang turun adek -adek ini masih sehat dan memiliki imun yang kuat. Dalam penularan Covid-19 tak menutup kemungkinan akan menyasar orang-orang yang berada disekitar mereka, yang bisa jadi orang-orang tersebut rentan tertular Covid-19. 

“Atas pertimbangan itu kami lakukan tindakan tegas di lapangan, dan kami harapkan tidak ada lagi aksi seperti ini,” pungkasnya. 

(BorneoFlash.com/Eko)

banner 600x120

No More Posts Available.

No more pages to load.