Kodam VI/Mulawarman Bakal Siapkan Dodikjur, Antisipasi Membludaknya Pasien Covid-19 di Balikpapan

oleh -
Pangdam VI/Mulawarman Mayjen TNI Heri Wiranto,dalam konferensi pers perkembangangan Covid-19 di Balikpapan pada Jumat (9/7/2021). Foto : BorneoFlash.com/Muhammad Eko.
Pangdam VI/Mulawarman Mayjen TNI Heri Wiranto,dalam konferensi pers perkembangangan Covid-19 di Balikpapan pada Jumat (9/7/2021). Foto : BorneoFlash.com/Muhammad Eko.

BorneoFlash.com, BALIKPAPAN – Komando Daerah Militer (Kodam) VI/Mulawarman dan Pemerintah kota Balikpapan berencana akan menyiapkan Depo Pendidikan dan Kejuruan (Dodikjur) sebagai salah satu lokasi untuk mengantisipasi Membludaknya pasien covid-19.

Hal tersebut dilakukan menyusul tingginya angka terkonfirmasi positif covid-19 di kota Balikpapan, sehingga membuat sejumlah rumah sakit yang ada di Balikpapan kewalahan mengatasi jumlah pasien yang masuk setiap harinya.

Pangdam VI/Mulawarman Mayjen TNI Heri Wiranto, mengungkapkan, pihaknya sudah bicarakan dengan pemerintah kota (pemkot) Balikpapan terkait masalah dampak peningkatan kasus positif covid-19 di Balikpapan. salah satunya menyiapkan ruangan.

Selain itu dia juga menambahkan, ketersediaan ruangan di rumah sakit sudah mencapai 90 persen lebih, dan hal itu harus segera diantisipasi.

“Tapi saya lihat, Walikota Balikpapan H Rahmad Mas’ud sudah mempersiapkan Wisma Atlet menjadi salah satu tempat penampungan pasien covid-19. Dan saya akan menyiapkan Dodikjur yang berlokasi di Manggar, Balikpapan Timur (Baltim) yang akan kami siapkan, jika sewaktu-waktu akan dibutuhkan,”ujarnya dalam konferensi pers perkembangangan Covid-19 di Balikpapan pada Jumat (9/7/2021).

Lebih lanjut dia menjelaskan, Dodikjur sendiri memiliki sekitar 200 unit tempat tidur. Yang semuanya akan dipersiapkan jika memang pemkot membutuhkan ruang untuk pasien covid-19.

Meski demikian, Mayjen TNI Heri Wiranto juga mengingatkan agar masyarakat yang terkonfirmasi positif dengan gejala ringan atau tidak parah. Maka sebaiknya menjalani Isolasi Mandiri (isoman) dirumah saja dengan tertib.

Dinas Kesehatan Kota (DKK) Balikpapan sudah menjelaskan, jika menjalani isoman tetap diberikan perhatian khusus dan diberikan obat-obatan untuk penyembuhan,” pungkasnya. 

(BorneoFlash.com/Eko)

banner 700x135

No More Posts Available.

No more pages to load.