Peduli Satu Sama Lain Dengan Menjadi Peserta JKN-KIS

oleh -
Rinda Susilowati, peserta JKN-KIS yang merasakan Manfaat program Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS). Foto : HO.
Rinda Susilowati, peserta JKN-KIS yang merasakan Manfaat program Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS). Foto : HO.

BorneoFlash.com, BALIKPAPAN Manfaat program Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) dirasakan langsung dan tidak langsung oleh Rinda Susilowati. Dirinya merupakan salah satu warga Kota Balikpapan yang telah terdaftar menjadi peserta JKN-KIS

Menurutnya, program yang diselenggarakan oleh BPJS Kesehatan itu telah banyak dirasakan oleh masyarakat. Mengenai biaya pelayanan kesehatan pun kini tidak menjadi kekhawatiran saat masyarakat ingin mengakses pelayanan kesehatan.

Saat dikunjungi di kediamannya, dirinya menyebutkan manfaat yang ia dan keluarganya rasakan. Dirinya sebagai ibu rumah tangga selalu mengingatkan kepada seluruh sanak saudaranya untuk segera menjadi peserta JKN-KIS.

“Sudah saya rasakan manfaatnya, sewaktu anak saya dirawat di rumah sakit. Semua biaya dijamin dan pelayanannya juga cukup baik. Terkadang kalau kita besok ke rumah sakit itu, ya semuanya bilang untung aja ada JKN-KIS. 

Jadi semuanya itu kalau saya lihat banyak yang sudah terbantu. Walaupun saya sekarang jarang sekali menggunakan, tetapi banyak orang-orang atau tetangga saya tertolong dengan adanya program yang dikelola BPJS Kesehatan ini,” ujar Rinda Susilowati

Sementara itu, menurutnya iuran JKN-KIS cukup terjangkau. Saat ini ia terdaftar di segmen peserta bukan penerima upah atau peserta mandiri kelas tiga. Terkadang pengalaman dirinya pun menjadi sebuah cerita yang diberikan kepada rekan-rekannya.

“Ada juga saudara atau teman yang belum terdaftar, disitu saya selalu menyarankan untuk daftar BPJS Kesehatan gitu. Waktu itu kan saya daftar mudah dan manfaatnya juga banyak, jadi saya ceritakan saja. Karena punya JKN-KIS ini penting sekali, karena kita tidak akan tahu kapan kita sakit,” lanjut Rinda Susilowati.

Rinda berharap program JKN-KIS bisa terus bisa bermanfaat bagi masyarakat dan tentunya masyarakat yang telah menjadi peserta secara tidak langsung memberikan rasa peduli satu sama lain dengan bergotong royong dalam JKN-KIS ini. (*)

banner 700x135

No More Posts Available.

No more pages to load.